Jogja
Sabtu, 18 Maret 2017 - 11:21 WIB

TRANSPORTASI JOGJA : Yes, Pengadaan Bus Sekolah Akhirnya Dikaji

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus sekolah (Dok/JIBI)

Transportasi Jogja akan dilengkapi pengadaan bus sekolah

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengkaji wacana pengadaan bus sekolah untuk mengurangi kepadatan kendaraan di jalan.

Advertisement

“Jika kajian ini selesai tahun depan akan kami usulkan ke Kementerian Perhubungan,” kata Kasi Angkutan Umum, Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Tri Haryanto, Jumat (17/3/2017).

Haryanto mengaku wacana pengadaan bus sekolah sudah lama digulirkan Pemerintah Kota Jogja. Namun dalam beberapa kesempatan konsultasi dengan pusat, Jogja belum terpilih oleh lementrian Perhubungan. Saat ini yang menjadi model angkutan sekolah baru ada di Jakarta, Bandung, dan Bali.

Saat ini pihaknya masih terus mendesain trayek bus sekolah yang pas di Kota Jogja. Ia mengaku tidak menutup kemungkinan angkutan sekolah nantinya terintegrasi dengan Trans Jogja. Dinas Perhubungan Kota Jogja tidak hanya mengkaji trayek angkutan sekolah, namun juga angkutan penghubung dari pemukiman menuju halte bus. “Kami pikirkan juga kendaraan dari tempat tinggal anak sekolah menuju halte bus,” kata Haryanto.

Advertisement

Ia meyakini keberadaan bus sekolah bisa mengurangi volume kendaraan khususnya sepeda motor. karena banyak siswa SMP dan SMA di Kota Jogja yang menggunakan motor untuk ke sekolah. Selain itu juga kendaraan wali siswa yang mengantar anaknya ke sekolah ikut menyumbang kepadatan lalu lintas

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif