News
Sabtu, 18 Maret 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 18 Maret

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Adam Noah Levine, penulis lagu dan vokalis Maroon 5. (hypable.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini menyajikan peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi pada 18 Maret.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa dari berbagai penjuru dunia yang terjadi dari tahun ke tahun pada 18 Maret. Semarangpos.com menyajikan beragam peristiwa tersebut dalam catatan pertistiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

Ilustrasi pertempuran Yarmouk dalam Perang Ridda. (Keywordhut.com)

633
Perang Ridda antara pasukan pimpinan Abu Bakar dan pasukan pemberontak berakhir. Perang Ridda terjadi karena sebagian kalangan tak mau dipimpin Abu Bakar sepeninggal Nabi Muhammad.

Advertisement

633
Perang Ridda antara pasukan pimpinan Abu Bakar dan pasukan pemberontak berakhir. Perang Ridda terjadi karena sebagian kalangan tak mau dipimpin Abu Bakar sepeninggal Nabi Muhammad.

1229
Kaisar Romawi Frederick II mendeklarasikan diri sebagai Raja Yerusalem setelah Perang Salib VI. Ia berhasil menguasai Yerusalem yang sebelumnya dikuasai Kesultanan Ayyubiyah melalui jalan diplomasi dengan Raja Kesultanan Ayyubiyah, Al-Kamil.

1241
Tentara Mongol menyerang Kota Krakow di Polandia. Penyerangan ini adalah kali pertama pasukan Mongol menginvasi Polandia. Dalam penyerangan tersebut pasukan Polandia juga berusaha membendung serangan tentara Mongol. Pertempuran itu dikenal dengan sebutan Pertempuran Chmielnik.

Advertisement

Hitler dan Mussolini. (Pinterest.com)

1940
Pemimpin Jerman Adolf Hitler melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Italia Benito Mussolini di Brenner Pass, Italia. Dari pertemuan tersebut, Hitler dan Mussolini bersepakat berperang melawan Inggris dan Prancis.

1948
Konsulat Uni Soviet yang bertugas untuk Yugoslavia menarik diri meninggalkan Yugoslavia. Peristiwa itu adalah salah satu tanda awal perselisihan antara Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito dan Pemimpin Uni Soviet Josef Stalin.

Advertisement

Boeing B-52 Stratofortress. (Wikimedia)

1969
Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerang kamp basis komunis di Sihanouk Trail, Kamboja menggunakan pesawat pengebom Boeing B-52 Stratofortress. Pihak AS menduga pasukan komunis di Kamboja akan menyusup ke Vietnam.

1979
Adam Noah Levine lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS) dari pasangan Patsy Noah dan Fred Levine. Ia dikenal luas sebagai penulis dan vokalis grup band Maroon 5 sejak 1994 hingga sekarang.

Advertisement

2013
Sejumlah bahan peledak dan senjata api lainnya ditemukan di asrama mahasiswa Universitas Florida Tengah. Pihak berwajib setempat lantas mengevakuasi ratusan mahasiswa untuk keluar dari lingkungan kampus.

2014
Keadaan darurat di Thailand dinyatakan resmi berakhir. Pemerintah dan pihak keamanan setempat menyatakan aksi protes anti-pemerintah di negara tersebut telah mereda. Sebelumnya, unjuk rasa anti-pemerintah berlangsung selama dua bulan di Thailand. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif