Soloraya
Jumat, 17 Maret 2017 - 13:15 WIB

TRANSPORTASI WONOGIRI : Angkot Kini Melewati Belakang Pasar Kota Wonogiri

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri mengarahkan sopir angkutan kota (angkot) menuju Lantai III Pasar Kota Wonogiri di gang samping Pasar Kota Wonogiri, Kamis (16/3/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Transportasi Wonogiri, trayek angkuta diubah kini melewati belakang Pasar Kota Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI — Angkutan antarkota (angkot) yang bertrayek akhir di Terminal Angkot Pasar Kota Wonogiri mulai Kamis (16/3/2017) melintas di belakang Pasar Kota Wonogiri.

Advertisement

Berdasarkan pantauan di Pasar Kota Wonogiri, angkot dari arah utara yang biasanya menuju Jl. Jenderal Sudirman melewati Jl. Dr. Cipto dari Jl. Kartini, kini berbelok ke Jl. Palem II. Setelah menyeberang Jl. Jenderal Sudirman, angkot masuk ke gang samping Pasar Kota Wonogiri, menyusuri jalan tersebut, melewati Lantai III Pasar Kota Wonogiri, dan turun ke Terminal Angkot Pasar Kota Wonogiri.

Begitu pula angkot yang bertolak dari arah selatan. Biasanya angkot tersebut melewati depan Pasar Kota Wonogiri dengan menyusuri Jl. Jenderal Sudirman. Kini angkot dari arah selatan harus berbelok masuk ke gang samping Pasar Kota Wonogiri dan berakhir di Terminal Angkot Pasar Kota Wonogiri.

Terdapat tiga papan penunjuk arah yang telah disediakan Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri untuk membimbing sopir angkot menuju jalur baru yang ditetapkan Dishub Wonogiri tersebut. Tiga papan penunjuk arah tersebut terletak di perempatan Jl. Dr. Cipto, perempatan Jl. Palem II, dan gang di samping Pasar Kota Wonogiri.

Advertisement

Kepala Dishub Wonogiri, Ismiyanto, mengatakan pengalihan jalur angkot tersebut merupakan manifestasi dari ide Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan (Dinkop UKM Perindag) Wonogiri, kajian Dishub Wonogiri, dan instruksi Bupati Wonogiri untuk menggeliatkan perekonomian Lantai III Pasar Kota Wonogiri.

Dia menyatakan pengalihan jalur tersebut juga disepakati oleh Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan Wonogiri.

“Kendati [perubahan jalur] sudah diterapkan, kami akan tetap mengevaluasinya secara berkala. Seperti lahan parkir yang masih semrawut di gang samping Pasar Kota Wonogiri. Selain itu kondisi jalan juga kurang nyaman untuk digunakan, sehingga perlu ada perbaikan ke depan,” ujar dia kepada wartawan di depan Pasar Kota Wonogiri, Kamis.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinkop UKM Perindag Wonogiri, Guruh Santoso, mengatakan pengalihan jalur angkot tersebut merupakan salah satu bentuk upaya Pemkab Wonogiri untuk meramaikan Lantai III Pasar Kota Wonogiri.

“Di Lantai III Pasar Kota Wonogiri juga ada zona permainan anak. Oleh sebab itu kami berupaya untuk mendekatkan sarana transportasi umum kepada pengunjung dengan berkoordinasi dengan Dishub Wonogiri,” tuturnya.

Sedangkan para pedagang kaki lima (PKL) yang memangkal di akses jalan menuju Terminal Angkot Pasar Kota Wonogiri juga sudah direlokasi ke Lantai III Pasar Kota Wonogiri. Relokasi para PKL tersebut untuk memudahkan angkot menuju Terminal Angkot Pasar Kota Wonogiri dari Lantai III Pasar Kota Wonogiri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif