Sport
Jumat, 17 Maret 2017 - 12:20 WIB

TIMNAS U-16 : 52 Pemain Ikut Seleksi Region Jawa

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Jumali/JIBI/Harian Jogja)

Timnas U-16 di Region Jawa mulai dilakukan seleksi

Harianjogja.com, JOGJA — Sebanyak 52 pesepak bola muda mengikuti seleksi regional Jawa untuk Timnas Indonesia U-16 yang digelar di Stadion Mandala Krida, Jogja, mulai Jumat (17/3/2017).

Advertisement

Seleksi digelar sebagai persiapan Timnas U-16 menghadapi Piala AFF U-16, di Thailand, Juli 2017 dan kualifikasi Piala AFC U-16 2018, September mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fachri Husaini yang memimpin jalannya seleksi mengungkapkan, Jogja adalah kota kelima digelarnya seleksi timnas tingkat regional. Selain DIY, tercatat, para peserta seleksi berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur,  Bali dan NTT.

“Untuk NTB, Lampung, Banten, dan Jawa Barat akan menjalani seleksi di Lapangan Sunter, Jakarta Utara, 20-21 Maret. Dan ini adalah seleksi terakhir untuk tingkat regional,” kata Fachri, Jumat (17/3/2017) pagi.

Advertisement

Mantan pelatih Bontang FC ini menambahkan, dari hasil seleksi pemain pada tingkat regional, pihaknya hanya mengambil 55 pemain untuk diikutkan dalam seleksi tingkat nasional, 23 hingga 29 Maret di Jakarta. Rencananya, skuat Timnas U-16 akan diisi 25 hingga 30 pemain dan akan menjalani pemusatan latihan pada awal April di Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Adapun mengenai aspek penilaian dalam seleksi kali ini, Fachri mengungkapkan ada empat hal yakni kemampuan individu, taktik, mental dan fisik pemain. Untuk fisik, ia mengakui lebih memilih pemain dengan postur tinggi rata-rata 170 sentimeter untuk posisi gelandang, pemain depan, dan belakang.

“Sedangkan untuk pemain sayap, saya rasa tidak harus memiliki tinggi segitu. Sekilas, ada beberapa tadi yang cukup berkualitas untuk posisi gelandang, penyerang, full bek dan bek tengah,” imbuh Fachri.

Advertisement

Sementara untuk mental pemain, Fachri berharap mendapatkan pemain dengan mental pemberani dan siap bertarung di lapangan. Adapun untuk aspek teknik, Fachri butuh dengan karakter dan skill serta penguasaan bola yang cukup baik. “Tentunya juga harus didukung dengan kecepatan,” harap Fachri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif