News
Kamis, 16 Maret 2017 - 23:00 WIB

Wapres AS ke Indonesia Mau Bahas Freeport? Ini Bantahan Istana

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Donald Trump dan Mike Pence (Reuters)

Kunjungan Wapres AS Mike Pence ke Indonesia diisukan membahas Freeport. Namun, Istana menyatakan itu tidak benar.

Solopos.com, JAKARTA — Sengketa kontrak karya PT Freeport Indonesia dirumorkan menjadi menu utama dalam rencana kedatangan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence ke Indonesia bulan depan. Pasalnya, Freeport McMoran sendiri pernah menyatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat mengamati kasus ini.

Advertisement

Namun, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menampik kabar tersebut. Dia mengemukakan karena ini kunjungan kepala negara sebagai wakil presiden yang baru, ada beberapa hal yang akan menjadi pembahasan terutama sebelum pertemuan G20 di Jerman.

“Ya bahwa nanti mungkin ada pembahasan itu, saya tidak tahu karena memang materinya belum diajukan,” ujar Pramono melalui keterangan tertulis, Kamis (16/3/2017).

Pramono menuturkan rencana kunjungan tersebut menunjukkan bahwa stabilitas politik Indonesia diakui dunia. Hal ini juga terlihat dari kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi, pelaksanaan KTT IORA, dan state visit dari Presiden Afrika Selatan. Berikutnya, ada kunjungan dari pemimpin Srilanka dan Presiden Perancis Francois Hollande yang rencananya ke Indonesia akhir bulan ini.

Advertisement

“Ini menunjukkan bahwa Indoensia sekarang ini dalam konteks global memang menjadi tumpuan dan juga harapan bagi berbagai perkembangan dunia yang begitu pesat saat ini,” kata Pramono.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif