Jogja
Kamis, 16 Maret 2017 - 12:55 WIB

Pendaftaran Duta Museum 2017 Dibuka Selama 3 Bulan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kuncoro dan Putu (tengah) saat ditetapkan sebagai juara umum pemilihan duta museum DIY 2016 dalam grand final, Sabtu (27/8/2016) malam. (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Pendaftaran Museum 2017 di DIY dibuka

 
Harianjogja.com, JOGJA – Dinas Kebudayaan DIY kembali membuka pendaftaran pemilihan Duta Museum 2017. Panitia menurunkan syarat pendidikan dari sebelumnya S1 menjadi D3 serta umur ditambah menjadi 40 tahun masih diperbolehkan ikut berkompetisi dalam pemilihan tersebut.

Advertisement

Budi Husada Kasi Promosi dan Inovasi Bidang Permuseuman Disbud DIY mengatakan, perhelatan Duta Museum 2017 merupakan kali keempat digelar. Menurutnya, banyak dampak yang ditimbulkan dari pemilihan tersebut.

Salahsatunya dapat meningkatkan kunjungan museum di berbagai lokasi di DIY. Membantu mendongkrak museum utamanya pada generasi muda. Terutama menjadikan image museum tidak untuk kaum tua, namun masih muda pun harapannya bisa datang ke museum.

Mereka yang sudah terpilih di tahun sebelumnya ikut mempromosikan museum dalam berbagai macam kegiatan. Duta yang memiliki kemampuan desainer, ia promosikan melalui kegiatan kaitan dengan kain, desain baju di beberapa museum termasuk kerjasama dengan museum batik.

Advertisement

“Ngajak desainer muda berkunjung ke museum. Ada juga giat mengajak mahasiswa berkunjung berbagai macam museum. Kalau punya kemampuan komunikasi, dia adakan kunjung museum dilakukan secara berkala, bahkan ada yang menjadi guru Ponpes untuk berkunjung museum, antara peran sebagai santri, ternyata bisa berjalan baik,” ungkapnya di Disbud DIY, Rabu (15/3/2017).

Ia menambahkan, pendaftaran Duta Museum 2017 dimulai sejak 1 Maret hingga 27 Mei 2017. Jika sebelumnya harus lulusan S1, di tahun ini pendaftar boleh dari D3 dengan umur maksimal 40 tahun.

“Karena peminatnya banyak, sebelumnya memang S1, namun kami tidak ingin menutup peluang adik-adik D3 yang punya passion pengembangan museum, tergabung dalam komunitas,” ungkapnya.

Advertisement

Syarat lainnya seperti tidak pendaftar tidak boleh bertato dan bagi pria tidak boleh bertindik. Para peserta harus memiliki waktu yang cukup untuk menjalankan tugas jika terpilih sebagai Duta Musem 2017 dengan hitungan masa kerja satu tahun, mulai 1 September 2017 hingga 31 Agustus 2017.

“Pendaftar harus mengenal museum bukan karena ada duta museum tapi jauh hari sudah aktif di permuseuman. Nanti setelah terpilih diharapkan bertugas selama setahun, untuk promosikan secara pribadi maupun kelompok,” kata dia.

Pendaftar bisa datang ke Sekretaris tim teknis Pemilihan Duta Museum DIY 2017 Jalan Srigunting 16 Colombo, Depok, Sleman. Kemudian audisi di Pameran Museum DIY di Jogja City Mall pada 17 hingga 21 Mei 2017.

Advertisement
Kata Kunci : Duta Museum
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif