News
Kamis, 16 Maret 2017 - 12:00 WIB

Menag Sebut Hasyim Muzadi Menjadi Teladan Membangun Kerukunan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hasyim Muzadi (JIBI/Solopos/Antara)

Kabar duka K.H. Hasyim Muzadi meninggal dunia tadi pagi.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saiduddin menilai K.H. Hasyim Muzadi merupakan salah satu ulama yang sangat peduli dengan kerukunan dan keberagaman yang ada di Indonesia.

Advertisement

Diberitakan, tokoh Nahdlatul Ulama yang kini menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) K.H. Ahmad Hasyim Muzadi meninggal dunia, Kamis (16/3/2017) pagi sekitar pukul 06.15 WIB. (baca: Meninggal Pukul 06.15 WIB, Hasyim Muzadi Dimakamkan di Depok)

Lukman mengatakan Hasyim Muzadi adalah seorang negarawan yang sangat peduli dengan persoalan kerukunan dan keberagaman di Indonesia. Menurut dia, Hasyim Muzadi sangat peduli dengan isu menjadikan Indonesia sebagai negara yang religius dan rukun dengan keberagamannya.

“Beliau banyak berbicara tentang bagaimana kedamaian dan kerukunan antarumat beragama senantiasa dirawat dengan baik,” kata dia, Kamis.

Advertisement

Lebih lanjut, Lukman menuturkan Hasyim Muzadi juga adalah seorang tokoh yang ahli dalam menjabarkan ilmu, ide, dan pemikirannya, sehingga dapat dipahami oleh seluruh masyarakat. Beliau juga selalu dapat menempatkan dirinya sesuai dengan lingkungan dan selalu diterima oleh pihak manapun.

Menurut Lukman, meninggalnya K.H. Hasyim Muzadi meninggalkan duka dan kehilangan yang sangat mendalam bagi Indonesia. “Keteladanan sikap Hasyim Muzadi akan menjadi contoh baik dalam membangun kerukunan di dalam negeri,” ungkap dia.

Untuk diketahui jenazah almarhum Hazim Muzadi akan diberangkatkan dari Malang ke Pesantren Al-Hikam Depok dari Malang, untuk disalatkan. Presiden Joko Widodo juga sempat menjenguk Hasyim Muzadi pada Rabu (15/3/2017) di kediamannya Jl. Cengger Ayam, Malang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif