Ilustrasi penyuluhan KB. (Istimewa-BKKBN)
Kamis, 16 Maret 2017 13:50 WIB Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

KELUARGA BERENCANA
BKKBN Targetkan Bentuk 573 Kampung KB di Jateng

Keluarga Berencana (KB) digiatkan di Jateng dengan membentuk Kampung KB.

Solopos.com, SEMARANG – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus berupaya menyukseskan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan mempercepat pembentukan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Tahan Air. Di Jateng, BKKBN berencana membentuk setidaknya 573 Kampung KB hingga akhir 2017 ini.

Sekretaris Utama BBKBN, Nofrijal, menyebutkan saat ini sudah terbentuk 487 Kampung KB di Indonesia. Jumlah itu akan terus bertambah mengingat sosialisasi terkait Kampung KB terus digalakan.

“Saat ini sudah diresmikan Kampung KB sebanyak 487 desa di 514 kabupaten/kota di Indonesia. Insya Allah di Jateng sampai akhir 2017 nanti akan dibentuk lebih kurang 537 Kampung KB,” terang Nofrijal seperti dilansir laman Internet resmi Pemprov Jateng, Rabu (15/3/2017).

Nofrijal menyebutkan beberapa desa di kabupaten/kota di Jateng saat ini sudah dicanangkan sebagai Kampung KB. Meski demikian, peresmiannya belum dilakukan, seperti Desa Banjarparakan, Kecamatan Rawalo, Banyumas yang dicanangkan sebagai Kampung KB pada 2 Maret 2016 lalu dan Desa Jatisawit, Kecamatan Losari, Brebes, pada 25 April 2016.

Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko , peresmian Kampung KB di Jateng segera dilakukan. Hal ini karena Kampung KB mampu mengintensifkan pelaksanaan program KKBPK. Dia berharap, daerah yang sudah mendeklarasikan diri sebagai Kampung KB mampu menjadi percontohan bagi daerah lainnya.

“Hendaknya yang sudah dideklarasikan sebagai Kampung KB bisa menjadi percontohan bagi yang lain. Supaya masyarakat hidup sehat dan jangan lupa ber-KB. Karena kalau beberapa kali hamil juga berisiko tinggi bagi ibu,” pesan mantan Bupati Purbalingga itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…