News
Kamis, 16 Maret 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 16 Maret

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Hukum Ohm karya Georg Simon Ohm. (Scientistsinformation.blogspot.co.id)

Catatan peristiwa bersejarah dunia hari ini, 16 Maret, siap mengantar kembali ke masa lalu.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 16 Maret. Demi mengenang berbagai peristiwa tersebut, Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini yang dirangkum dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

1789
Georg Simon Ohm lahir di Erlangen, Jerman. Ia lantas dikenal luas sebagai seorang fisikawan yang banyak mengemukakan teori di bidang kelistrikan. Karyanya yang paling dikenal adalah teori mengenai hubungan antara aliran listrik, tegangan, dan tahanan konduktor di dalam sirkuit yang lantas disebut Hukum Ohm.

Foto legendaris penaklukan Pulau Iwo Jima. (Learnnc.org)

Advertisement

Foto legendaris penaklukan Pulau Iwo Jima. (Learnnc.org)

1945
Pulau Iwo Jima di Samudera Pasifik yang telah dikuasai Amerika Serikat (AS) dan dinyatakan aman mendapatkan serangan mendadak dari Jepang yang sebelumnya kalah dalam memperebutkan Pulau Iwo Jima. Lebih dari 100 tentara AS tewas dalam peristiwa tersebut.

1953
Presiden Yugoslavia, Josip Broz Tito, menjadi kepala negara komunis pertama yang mengunjungi Inggris. Kunjungan Tito ke Inggris itu bertujuan untuk memperkuat hubungan kedua negara setelah Menteri Luar Negeri Inggris, Anthony Eden, juga telah mengunjungi Yugoslavia.

Advertisement

1958
Perusahaan produsen mobil yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Ford Motor Company, memproduksi mobil yang ke-50 juta. Mobil ke-50 juta yang diproduksi Ford Motor Company itu adalah Thunderbird.

1965
William K. Kerr dari Jurusan Bedah di Universitas Toronto, Kanada menjadi orang pertama yang mengungkapkan bahwa merokok dapat menyebabkan kanker. Kerr adalah ilmuwan yang mempelajari pengaruh rokok terhadap manusia.

1968
Tentara Amerika Serikat (AS) membantai penduduk tak bersenjata di Desa Son May di Vietnam Selatan. Antara 300 hingga 500 penduduk desa termasuk wanita dan anak-anak tewas dalam pembantaian tersebut. Peristiwa tragis itu dikenang dengan sebutan Pembantaian May Lai.

Advertisement

Aldo Moro. (Supercalifragili.com)

1978
Mantan Perdana Menteri Italia Aldo Moro diculik saat berada di Roma. Lima polisi yang mengawalnya tewas ditembak para penculik. Moro lantas ditemukan tewas di dalam bagasi mobil di Roma setelah pencarian selama 55 hari.

1985
Terry A. Anderson, jurnalis dari kantor berita yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Associated Press, yang bertugas di Timur Tengah diculik kelompok militan Islam di Beirut, Lebanon. Ia dibebaskan setelah enam tahun disekap.

Advertisement

1988
Seorang pria bersenjata menembak dan melempar granat ke arah kerumunan pelayat yang menghadiri pemakaman sejumlah anggota Irish Republican Army (IRA) atau Tentara Republik Irlandia di kompleks pemakaman di Irlandia Utara. Serangan itu menewaskan tiga orang dan melukai 50 lainnya.

1988
Ribuan orang Kurdi di Kota Halabja di sebelah utara Irak tewas dalam serangan gas beracun. Serangan itu diyakini dilakukan pasukan Irak atas perintah Saddam Hussein. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif