Warna-warna Honda Metropolitan (powersport.honda.com) Warna-warna Honda Metropolitan (powersport.honda.com)
Kamis, 16 Maret 2017 16:15 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Roda 2 Share :

Bodi Mirip Scoopy, Honda Metropolitan Dibekali Mesin 49 Cc

Tak hanya dinamai Scoopy, skuter matik Honda itu juga bernama Metropolitan.

Solopos.com, SOLO – Bagi penggemar motor skuter matik (skutik) pastinya tidak asing dengan Honda Scoopy. Di Amerika Serikat (AS) skuter dengan model mirip Scoopy juga ada, namun di sana skuter tersebut dinamai Honda Metropolitan. Apa ya perbedaannya dengan Honda Scoopy?

Ternyata ada perbedaan mencolok antara Honda Scoopy dengan Honda Metropolitan dalam segi kapasitas mesin. Berdasarkan laman powersports.honda.com, Kamis (16/3/2017), Honda Metropolitan memiliki mesin dengan volume 49 cc. Sedangkan menurut laman astra-honda.com, All New Scoopy eSP dibekali mesin 108 cc.

Meski demikian jenis mesin yang digunakan sama, yakni mesin empat langkah dengan silinder tunggal yang sudah memiliki teknologi injeksi PGM-FI. Transmisi kedua motor tersebut otomatis dengan belt drive.

Dengan kapasitas mesin yang dimiliki, Honda Metropolitan sedikit lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan Honda Scoopy. Jarak sumbu roda Scoopy kurang lebih 1,2 m, sedangkan Honda Metropolitan memiliki jarak sumbu roda 1,1 m. Tanpa ditambah apa-apa, Honda Scoopy memiliki berat kurang lebih 96 kg, sedangkan Honda Metropolitan hanya 81 kg.

Dari segi fitur, Honda Metropolitan memiliki panel keterangan. Keterangan bahan bakar Honda Metropolitan sudah digital, berbeda dengan Scoopy yang masih menggunakan jarum penunjuk. Answer Back System layaknya alarm mobil belum disematkan di Honda Metropolitan versi 2017, teknologi itu terdapat di All New Honda Scoopy eSP.

Dari segi harga, keduanya memiliki selisih harga cukup tinggi. Dengan kurs tukar rupiah ke dolar sekarang ini, harga Honda Metropolitan bisa dua kali lipat dari Honda Scoopy. Honda Metropolitan dipatok dengan harga US$2.449 atau sekitar Rp32 jutaan. Sedangkan Honda Scoopy dijual mulai Rp17 jutaan.

lowongan kerja
lowongan kerja PT. BPR DANAMAS PRATAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


1

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…