News
Rabu, 15 Maret 2017 - 02:00 WIB

Investasi Kian Diminati, Sebulan Pegadaian Solo Jual 6 Kg Emas Antam

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi emas batangan (JIBI/Bisnis)

Investasi emas kian diminati.

Solopos.com, SOLO — Kesadaran masyarakat untuk berinvestasi melalui emas terus meningkat. Hal ini terlihat dari kenaikan penjualan emas murni di PT Pegadaian yang naik 20%-30% per tahun. Galeri 24 Pegadaian Cokronegaran Solo sebulan menjual 5-6 kg emas.

Advertisement

Pengelola Galeri 24 Pegadaian Cokronegaran, Purwita Ayu Kusumawardani, mengatakan masyarakat makin sadar bahwa emas bisa menjadi salah satu instrument investasi jangka panjang, yakni minimal empat hingga lima tahun.

Oleh karena itu, meski di awal tahun ini harga emas murni yang dikeluarkan PT Antam mengalami kenaikan hingga level tertinggi Rp551.000/gram tapi selama dua pekan ini telah kembali normal ke harga Rp540.000/gr. Penjualan cenderung normal setiap bulannya meski harga emas fluktiatif.

“Setiap bulan kami bisa menjual emas Antam sekitar 5 kg-6 kg dan trennya cenderung naik. Sejak awal edukasi kami  mengenai investasi emas ini adalah tidak perlu menunggu harga emas rendah untuk beli emas. Kapanpun punya uang bisa langsung digunakan membeli [emas] karena bisa secara tunai maupun cicilan bahkan dengan cara menabung,” ungkap wanita yang akrab disapa Ayu ini saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/3/2017).

Advertisement

Dia mengatakan rata-rata setiap tahunnya penjualan emas naik 20%-30%. Penjualan secara tunai maupun cicilan hampir berimbang. Kemudahan membeli emas juga diberikan melalui beberapa cara cicilan, yakni secara mandiri, kelompok, dan melalui arisan emas. Cicilan emas mandiri bisa dilakukan dengan memilih tenor tiga bulan hingga tiga tahun untuk emas 1 gr sampai 1 kg.

Menurut dia, sosialisasi dan edukasi yang dilakukan ke berbagai instansi dan komunitas membuat program arisan ini makin banyak diminati. Hingga akhir tahun lalu sudah ada lebih dari 50 kelompok arisan dan hal ini terus bertambah setiap bulannya. Setiap kelompok arisan minimal beranggotakan enam orang dengan menyetor uang muka 10%-15% dari harga emas.

“Arisan biasanya diikuti oleh pegawai instansi atau sekolah karena lebih mudah dan risiko lebih kecil karena bertemu setiap hari,” kata dia.

Advertisement

Selain itu, ada juga program tabungan murah mulai dari Rp5.000 yang langsung dikonversi ke dalam bentuk emas dengan biaya pengelolaan rekening Rp30.000 selama setahun. Setelah tabungan minimal satu gram bisa diambil dalam bentuk uang sedangkan kalau ingin dicetak dalam bentuk emas batangan minimal lima gram.

Guna menarik minat masyarakat berinvestasi melalui emas, PT Pegadaian mengeluarkan program kemilau emas untuk cicilan maupun tabungan dengan hadiah satu unit mobil yang diundi di tingkat kantor wilayah (kanwil) dan dua sepeda motor di masing-masing cabang dengan cara mengumpulkan poin.

Menurut dia, penjualan emas saat ini cenderung landai. Kemungkinan naik adalah menjelang Lebaran setelah tunjangan hari raya (THR) cair. Oleh karena itu, sebagian dana THR digunakan untuk berinvestasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif