Teknologi
Rabu, 15 Maret 2017 - 12:30 WIB

48 Juta Akun Bot Beredar di Twitter

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Twitter (Twitter)

Usaha Twitter memberantas akun bot sepertinya bakal cukup berat.

Solopos.com, CALIFORNIA — Sekitar 15 persen dari pengguna aktif bulanan Twitter yang berjumlah total 319 juta diperkirakan akun bot alias akun yang bukan dikelola manusia. Menurut studi gabungan dari University of Southern California dan Indiana University, jumlah akun bot di Twitter mencapai 48 juta.

Advertisement

Dilansir Mashable, Rabu (15/3/2017), dalam riset itu, University of Southern California, Amerika Serikat menggunakan ribuan fitur dan parameter seperti jumlah teman, rasa cuitan, isi konten dan jeda antar cuitan untuk mengenali akun bot dengan manusia.

Berdasarkan metode itu, mereka memperkirakan 9 hingga 15 persen akun Twitter yang aktif adalah bot.

Menanggapi studi tersebut, seorang juru bicara Twitter menyatakan tidak semua akun bot negatif. “Beberapa akun bot sangat bermanfaat, seperti mereka yang secara otomatis memperingatkan akan terjadi bencana atau sebagai layanan pelanggan,” kata perwakilan Twitter seperti dikutip dari India Times, Rabu.

Advertisement

Pada 2014 lalu, Twitter memperkirakan akun bot berjumlah 23 juta dari 271 pengguna aktif bulanan mereka, jumlah tersebut berada di bawah 9 persen.

Twitter punya cara sendiri untuk menangkap dan menghapus spam bot atau akun palsu, juga membuat perangkat agar pengguna dapat melaporkan pelanggaran serta akun non-manusia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif