Jateng
Selasa, 14 Maret 2017 - 16:50 WIB

KORUPSI E-KTP : Jatengprov.go.id Di-hack! Ada Gambar Menyeramkan Goyang-Goyang

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan laman resmi milik Pemprov Jateng. (Jatengprov.go.id)

Korupsi E-KTP yang menyeret nama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membuat sejumlah pihak geram sehingga meretas situs resmi milik Pemprov Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang menyeret nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membuat sebagian kalangan merasa geram. Kali ini, rasa geram itu dilampiaskan pihak tertentu dengan meng-hack atau meretas laman resmi Internet milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, Jatengprov.go.id.

Advertisement

Diakses Semarangpos.com, Selasa (14/3/2017), tampilan laman Internet yang biasanya menyajikan berita tentang Pemprov Jateng itu berubah total. Dalam laman Internet tersebut hanya ada kalimat sindiran yang ditujukan untuk para pelaku korupsi E-KTP. “Ketika korupsi merajalela, kami para rakyat sengsara. Ketika duit rakyat dipake huru-hara dan pemerintah berpesta kami rakyat lemah hanya bisa mengalah,” begitulah kalimat yang tertulis dalam halaman depan Jatengprov.go.id.

Pada bagian atas, sang hacker mencantumkan kata “Hacked?” untuk menegaskan laman Internet tersebut telah diretas. Bukan hanya itu, dalam halaman depan situs Internet milik Pemprov Jateng itu juga terdapat kalimat imbauan kepada pemerintah untuk memikirkan nasib rakyat. “E-KTP aja Digarong? TOLONG!!! pikirkan rakyat tolong rakyat tolong kami yang sengsara,” begitu imbuh sang hacker.

Pada bagian bawah laman resmi mililk Pemprov Jateng itu juga terdapat sejumlah nama-nama yang kemungkinan besar adalah nama sandi milik para hacker yang bertanggung jawab atas peretasan tersebut. Nama-nama itu antara lain Mr Z, Cilacap Security Cyber Team, Cowok Tersakiti Team, Konslet, Pani, Sulawesi I.T Security, IP_Dot ID, 4id4, ./CDr_TKJ, M1n007, Cyclo’sTextovert, XLOMBOX, VrCy, IgnacyMischa, Mr.L4tte, ML7C, Mr.@, BlackID, 7euku, ./5IKY, ./r13-ch, eXis7, BernardTeam, Classic Squad, Indonesian Defacer Tersakiti Team, [CYBER _1216], [unyil getar], [ID- AnonymouS’ [K], [inisial-C], [sitedown], [Dr.P4kPolVIRUS]-[PHYTONx78], [S3RVANTIN], [L45M3M0RyUs404], [Badut galau], [4LCyb3r0202], [Mr_M.n.4], [./IND404!], [JUDGEVAN], [Mr.J0N35], [Mr.T4MV4N], [Mr.L], [Mr.Amat3urz404], [MISTER(I)], [X (Force_Close)X], [lawliet L], [Player02], =-l, x0Powo], redsm0ke, ./Dayy404, Ice_r00t, dan ./Cyber00t.

Advertisement

Selain itu, gambar latar belakang laman tersebut juga diganti dengan gambar mirip hantu yang membawa sebilah pisau dengan mata berwarna merah. Gambar tersebut terus bergoyang-goyang sehingga memberikan kesan menakutkan kepada para pengunjung Jatengprov.go.id.

Kasus korupsi e-KTP memang menyeret nama orang nomor satu di Jateng, Gubernur Ganjar Pranowo. Namun seperti dikabarkan Semarangpos.com, Kamis (9/3/2017) Gubernur Ganjar menampik kabar dirinya menerima aliran dana e-KTP tersebut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif