News
Selasa, 14 Maret 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 14 Maret

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Albert Einstein (Deims.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 14 Maret, menyingkap sejarah dunia.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun di hari ke-73—hari ke-74 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 14 Maret. Berikut ini Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa tersebut yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

Catherine Cornaro. (Wikimedia.org)

1489
Ratu Siprus, Catherine Cornaro, menjual wilayah kerajaannya kepada Kerajaan Venesia. Hal itu ia lakukan setelah suaminya, James II, meninggal dunia.

Advertisement

1489
Ratu Siprus, Catherine Cornaro, menjual wilayah kerajaannya kepada Kerajaan Venesia. Hal itu ia lakukan setelah suaminya, James II, meninggal dunia.

1879
Albert Einstein lahir di Ulm, Kerajaan Wurttemberg, Kekaisaran Jerman. Ia lantas dikenal luas sebagai ilmuwan fisika yang mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam bidang fisika pada 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan pengabdiannya bagi fisika teoretis.

1939
Negara Cekoslowakia bubar setelah Slowakia memisahkan diri karena ditekan pihak Jerman. Bubarnya negara tersebut sekaligus memuluskan rencana Jerman untuk mencaplok sejumlah wilayah di Ceko.

Advertisement

1980
Sebuah pesawat penumpang yang berangkat dari Bandara John F. Kennedy, New York, Amerika Serikat (AS) untuk menuju Bandara Frederic Chopin, Warsawa, Polandia terjatuh saat tiba di dekat Warsawa. Kecelakaan pesawat itu menewaskan 87 orang atau semua penumpang dan kru pesawat.

1988
Pasukan Tiongkok mengalahkan tentara Vietnam dalam Pertempuran Karang Johnson Selatan. Pertempuran tersebut bertujuan untuk memperebutkan wilayah Kepulauan Spratly.

1990
Sebuah pabrik di Libya yang diduga memproduksi senjata kimia terbakar habis. Pihak Libya menduga Amerika Serikat (AS) dan Israel adalah otak di balik pembakaran pabrik tersebut.

Advertisement

2005
Ribuan warga Lebanon berunjuk rasa di Kota Beirut selang beberapa hari setelah terbunuhnya mantan Perdana Menteri Lebanon, Rafiik Hariri. Mereka menuntut pemerintah segera menangkap pembunuh mantan perdana menteri tersebut.

Osama bin Laden. (Washingtontimes.com)

2009
Osama bin Laden menuduh para pemimpin negara-negara Timur Tengah telah bersekongkol dengan negara-negara Barat untuk menghancurkan Islam. Pernyataan Osama itu beredar dalam bentuk rekaman suara dan disiarkan salah satu stasiun televisi di Qatar, Al-Jazeera.

Advertisement

2011

Pemerintah Inggris secara resmi melarang para imigran dari negara yang bukan anggota Uni Eropa bekerja sebagai koki, agen penjualan, manajer salon kecantikan, dan penata rambut di Inggris. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif