Jateng
Minggu, 12 Maret 2017 - 10:50 WIB

PILKADA 2018 : PKB Incar Kursi Wagub di Pilgub Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (JIBI/Solopos/Antara/Basri Marzuki)

Pilkada Jateng 2018 disongsong Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan mengincar kursi calon wakil gubernur (wagub).

Semarangpos.com, SEMARANG — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengincar posisi calon wakil gubernur pada pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub) atau yang lebih populer dengan sebutan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018.

Advertisement

Torehan target itu dikemukakan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat membuka Konsolidasi Ketua Umum PKB dan Anggota DPRD Se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta di Semarang, Sabtu (11/3/2017). “Kami berharap untuk Jateng setidaknya wakil gubernur,” kata pria yang akrab dengan sapaan Cak Imin itu.

Demi mencapai target pilgub atau Pilkada Jateng 2018 tersebut, PKB menurut dia siap berkoalisi dengan partai politik lain. “Kami akan menggandeng siapapun, kami mengukur diri, wakil gubernur dari kader internal,” ujarnya.

Diakuinya, DPP telah meminta DPW PKB Jawa Tengah melakukan pembicaraan-pembicaraan lintas partai politik. Hal itu, kata dia, juga untuk menghitung potensi ketokohan yang berkualitas. “Segera lakukan rekrutmen siapa [kader internal PKB],” perintahnya.

Advertisement

Di sisi lain, kepada para anggota dewan perwakilan rakyat daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, ketua partai itu menginstruksikan mereka berperan menjadi jembatan penyelesaian berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. “PKB sebagai bagian dari partai pendukung pemerintah harus bisa menjawab seluruh harapan, sekaligus menjadi advokasi dari kenyataan yang tumbuh di masyarakat,” tutur Muhaimin Iskandar.

Konsolidasi Ketua Umum PKB dan Anggota DPRD Se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu mengusung tema “Meneguhkan DPRD PKB Sebagai Pembela Rakyat” itu, menurut Imin, memang sebagai evaluasi kritis dan penataan langkah ke depan guna menyiapkan rencana agar bisa berjalan bersama. “Anggota dewan memiliki tanggung jawab yang sangat berat, tangggung jawab untuk menjadikan antara harapan, aspirasi, cita-cita masyarakat dengan pemerintahan serta kenyataan,” ujarnya.

Khusus bagi legislator yang berasal dari PKB, Cak Imin meminta agar bisa mempertanggungjawabkan seluruh peran dan fungsinya kepada masyarakat. “Di sisi lain, sebagai anggota dewan juga diuji menjadi ‘problem solving’ dalam masalah-masalah keseharian yang dihadapi masyarakat,” katanya.

Advertisement

Ketua DPW PKB Jawa Tengah K.H. Yusuf Chudlori menambahkan bahwa kader-kader PKB yang duduk di legislatif merupakan etalase bagi PKB di tengah-tengah masyarakat. “Kader PKB harus membela kepentingan rakyat,” tegasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif