Jateng
Sabtu, 11 Maret 2017 - 18:50 WIB

KAMPUS DI SEMARANG : Berniat Bangun Gedung Fakultas Psikologi, Undip Sayembarakan Desain

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang Budi Setiyono mencermati karya salah satu finalis Sayembara Desain Gedung Fakultas Psikologi Undip, di Gedung IT Centre kampus Undip Semarang, Rabu (8/3). (JIBI/Solopos/Antara/Zuhdiar Laeis)

Kampus di Semarang, Universitas Diponegoro (Undip), berniat membangun gedung baru bagi Fakultas Psikologi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Universitas Diponegoro Semarang (Undip) berniat membangun gedung baru bagi Fakultas Psikologi. Desain gedung itu disayembarakan dan diminati 45 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Advertisement

“Kami ingin mendapatkan desain yag terbaik untuk pembangunan kampus Fakultas Psikologi yang baru,” kata Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip Budi Setiyono di sela-sela penyelenggaraan babak final sayembara desain gedung baru Fakultas Psikologi Undip yang berlangsung di Gedung ICT Centre Undip, Tembalang, Semarang, Rabu (8/3/2017).

Selama ini, diakui Budi, pembangunan gedung baru yang dilakukan Undip, termasuk desain langsung diserahkan kepada kontraktor sehingga kurang ada opsional dalam desain-desain yang ditawarkan. “Makanya, kami sayembarakan desain gedung seperti sekarang ini. Ya, prinsipnya desain harus menyesuaikan dengan kondisi alam di kawasan Tembalang yang merupakan dataran tinggi,” katanya.

Desain gedung baru Fakultas Psikologi nantinya, kata dia, harus exciting dan terpadu dengan bangunan-bangunan yang sudah ada sebelumnya, serta tidak bertentangan dengan alam. Ia menyebutkan pembangunan gedung baru Fakultas Psikologi direncanakan dalam dua tahap, yakni pada 2017 dan 2018 dengan anggaran yang disiapkan sekitar Rp60 miliar untuk setiap tahap.

Advertisement

“Kenapa Fakultas Psikologi? Saat ini, Fakultas Psikologi memang sudah punya gedung, tetapi relatif sempit dan terbatas daya tampungnya. Padahal, mau kami kembangkan,” jelasnya.

Rencananya, kata dia, Fakultas Psikologi akan membuka program pascasarjana, termasuk pengembangan program studi pada tahun depan yang mengharuskan dukungan fasilitas gedung untuk pembelajaran. “Sementara ini baru Fakultas Psikologi. Namun, ke depannya beberapa pembangunan lain akan disayembarakan,” kata Budi yang pernah menjadi penasihat politik tokoh oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi itu.

Sementara itu, Direktur aset dan Pengembangan Undip Heri Suliantoro selaku penginiasi sayembara desain gedung itu menyebutkan sebenarnya yang mendaftar sayembara ada 63 peserta. “Namun, hanya 45 peserta yang mengirimkan desain. Kami kemudian saring menjadi 10 peserta, seleksi lagi jadi lima peserta. Lima peserta ini jadi finalis yang mempresentasikan desainnya,” katanya.

Advertisement

Ke depannya, kata Heri, Undip berencana menggelar sayembara desain untuk gedung lainnya yang akan dibangun, baik untuk kampus Undip Tembalang maupun kampus Pleburan di Kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif