Jateng
Jumat, 10 Maret 2017 - 21:50 WIB

LIGA 2 : PSIS dan Persebaya Uji Coba, 350 Personel Polisi Dikerahkan

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aksi suporter PSIS Semarang, Panser Biru dan Snex. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Liga 2 disongsong PSIS Semarang dengan menggelar laga uji coba melawan Persebaya Surabaya.

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 350 polisi dari Polrestabes Semarang dan Polda Jateng bakal dikerahkan guna mengamankan laga antara PSIS Semarang dan Persebaya Surabaya. Laga yang digelar sebagai uji coba kedua tim menjelang kompetisi Liga 2 itu akan berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (12/3/2017).

Advertisement

Humas Polrestabes Semarang, Kompol Suwarna, mengakui laga yang mempertemukan dua tim dengan basis suporter besar, seperti PSIS dengan Panser Biru dan Snex, serta Persebaya dengan Bonek, rawan kerusuhan. Oleh karenanya, pihaknya pun siap melakukan pengamanan secara ketat agar tidak terjadi pergesekan antarsuporter yang bisa menimbulkan kerusuhan.

“Dari 350 personel polisi yang diturunkan itu, 90 orang di antaranya berasal dari Satuan Brimob Polda Jateng. Mereka tidak hanya melakukan pengamanan di dalam stadion tapi juga di luar stadion,” beber Suwarna saat dihubungi Semarangpos.com, Jumat (10/3/2017).

Suwarna menambahkan pengamanan di luar stadion akan dilakukan sejak dari terminal maupun stasiun yang menjadi lokasi kedatangan Bonek, sebutan suporter Persebaya. Selain itu, pengamanan juga akan dilakukan di pintu masuk stadion dengan melakukan sweeping terhadap para suporter akan masuk ke area Stadion Jatidiri, baik dari Karangrejo maupun Jl. Semeru.

Advertisement

“Suporter yang masuk ke stadion akan kami geledah terlebih dahulu. Ini kami lakukan untuk mengantisipasi adanya benda-benda berbahaya, seperti senjata tajam hingga minuman keras yang dibawa suporter ke dalam stadion,” beber Suwarna.

Selain pengamanan di luar stadion, aparat kepolisian juga akan melakukan pengawalan secara intensif di dalam stadion. Mereka akan menempatkan suporter kedua tim secara terpisah, Bonek di tribune sisi utara, sementara tribune sisi timur, barat, dan selatan khusus untuk para pendukung PSIS Semarang, yakni Panser Biru dan Snex.

“Kemungkinan suporter Bonek akan mulai berdatangan Sabtu [11/3/2017] ini. Oleh karenanya, kami telah menyiapkan anggota untuk mengamankan. Pengamanan khusus kami tempatkan di stasiun-stasiun maupun terminal yang menjadi tempat kedatangan suporter Bonek,” tegas Suwarna.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif