Jogja
Kamis, 9 Maret 2017 - 19:20 WIB

Paku Alam X Gantikan Melantik Ratusan Pejabat Eselon III dan IV

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sesepuh Sentana Dalem KPH. Notoatmodjo melepas keris yang dikenakan Kanjeng Bendara Pangeran Haryo (KBPH) Suryodilogo kemudian mengganti dan memasangkan keris Kyai Bontit dalam upacara Jumeneng Dalem KGPAA. Paku Alam X di Bangsal Sewatama, Kopleks Pura Pakualaman , Jogja, Kamis (7/1/2016). Kanjeng Bendara Pangeran Haryo (KBPH) Suryodilogo dinobatakan menjadi KGPAA Paku Alam X menggantikan sang ayah KGPAA Paku Alam IX yang wafat pada Noember 2015. (Desi Suryanto/Harian Jogja)

Paku Alam X menggantikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X melantik ratusan pejabat setingkat eselon III dan eselon IV

Harianjogja.com, JOGJA – Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X menggantikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X melantik ratusan pejabat setingkat eselon III dan eselon IV, Kamis (9/3/2017).

Advertisement

Mereka terdiri dari administrator, pengawas hingga kepala sekolah yang berada di bawah naungan Pemda DIY.

Total PNS yang dilantik menduduki jabatan baru berjumlah 119 orang. Mereka didominasi pejabat yang mengisi sejumlah lembaga baru di lingkungan Pemda DIY. Seperti Balai Pendidikan Menengah yang ditempatkan di kabupaten/kota serta Kepala Sekolah SMA sebagai peralihan wewenangan dari kabupaten/kota ke Pemda DIY. Selain itu, beberapa lembaga baru bentukan seperti Balai Pengawasan Pertambangan.

Selain di aparatur bidang pendidikan, rotasi jabatan juga menimpa sejumlah dinas lainnya. Salahsatunya Kabaghumas Diskominfo Herwanto dimutasi menduduki jabatan baru sebagai Kabag Litbang Biro Administrasi Pembangunan Setda DIY.

Advertisement

“Terhitung sejak Kamis 9 Maret 2017 saya dimutasi dari jabatan lama, sekarang menduduki jabatan baru sebagai Kabag Litbang Biro Administrasi Pembangunan Setda DIY, mohon doa restunya,” ungkapnya seusai dilantik, Kamis (9/3/2017).

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, untuk PNS di bawah kendali Disdikpora DIY berjumlah sekitar 15 orang mengisi Balai Dikmen, mulai dari Kepala Balai, Kasubag dan Kepala Seksi. “Kurang satu yang belum dilantik karena yang bersangkutan pamit umroh,” ungkap di seusai pelantikan di Bangsal Kepatihan.

Aji menegaskan, dengan sudah dilantiknya pejabat balai, diharapkan akan semakin melancarkan tugas Pemda DIY dalam rangka untuk mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan yang ada di sekolah. Karena sebagian besar pejabat dari Disdikpora yang dilantik merupakan pejabat di Bidang Pendidikan Menengan kabupaten/kota, maka sejatinya tinggal melanjutkan dan menyesuaikan supaya regulasi baru di Pemda DIY bisa dilaksanakan dengan baik. “Tentu kami harapkan bisa bekerja dengan baik,” tegasnya.

Advertisement

HB X dalam sambutan tertuliskan mengatakan, rotasi jabatan bertujuan untuk memicu peningkatan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, menggerakkan roda pemerintahan dan melaksanakan pembangunan, sesuai tupoksinya.

Selain pelayan publik, aparatur juga sebagai barometer transparasi dan akuntabilitas, sehingga dapat mendorong mewujudkan pelayanan terbuka dan penung tanggungjawab ke arah pemerintahan yang baik.

“Selain itu kita dihadapkan dengan evaluasi kelembagaan Pemda DIY. Karena itu pejabat yang dilantik harus siap memposisikan dimanapun. Karena menempatkan personel yang tepat, maka dapat meningkatkan pelayanan optimal kepada masyarakat,” ungkapnya dalam sambutan yang dibacakan Wagub DIY Sri Paduka Paku Alam X.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif