Jogja
Rabu, 8 Maret 2017 - 11:20 WIB

Kraton Jogja Luncurkan Situs kratonjogja.id

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ngabekten Kraton Jogja, Kamis (7/7/2016) (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat meluncurkan situs kratonjogja.id, Selasa (7/3) malam

 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat meluncurkan situs kratonjogja.id, Selasa (7/3/2017) malam.

Konten website Kraton Jogja dibagi dalam tiga bagian. Pertama, bagian paling atas dari web yang terletak di bawah panel menu, berisi beranda yang merupakan tampilan visual terbaru dari artikel yang baru saja diunggah serta peristiwa berisi informasi liputan terbaru kegiatan dalam Karton, seperti liputan singkat tentang pelaksanaan hajad dalem atau kunjungan tamu negara.

Bagian kedua, berisi artikel dalam jangka waktu yang tidak terlalu cepat. Seperti Tata Rakiting Wewangunan atau tata ruang dan bangunan yang berisi konsep, jenis bangunan, motif, dekorasi, vegetasi hingga filosofi dari tata ruang dan bangunan Kraton Jogja.

Advertisement

Kemudian Hajad Dalem atau upacara adat, berisi ulasan perayaan atau selamatan yang diselenggarakan Sultan. Bagian ini menampilkan informasi tentang perayaan agama Islam, peringatan kenaikan tahta. Serta Kagungan Dalem atau warisan budaya, bagian ini menjelaskan tentang warisan budaya Kraton, baik berupa benda maupun non benda.

Kemudian pada bagian ketiga web ini memuat tentang materi yang pakem dan tidak banyak berubah seperti materu berdirinya Kraton, profil raja-raja yang pernah dan sedang bertahta dan tata pemerintahan di dalam Kraton seperti abdi dalem dan prajurit Kraton.

Penghageng Tepas Tandha Yekti Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu menjelaskan, Tepas Tandha Yekti mencoba hadir di media sosial sejak 2015. Barulah pada 2017 situs resmi Kraton Jogja diluncurkan. Situs itu diharapkan dapat melengkapi saluran informasi yang akurat sekaligus menjadi museum virtual tentang kekayaan budaya Jawa di Kraton Jogja.

Advertisement

Hayu mengakui, peluncuran website itu berawal dari dari pendokumentasian pernikahannya pada 2013 silam. Selama ini belum pernah khusus juru dokumentasi dan informasi di Kraton atau Tepas Tandha Yekti.

“Ini sudah melaksanakan tugas pertama, saat pernikahan saya. Berawal mendokumentasikan itu, saya lihat foto anak-anak kok cuma ngonggrok, akhirnya mulai ke medsos,” terang Hayu dalam peluncuran website di Bangsal Srimanganti, Kompleks Kraton Jogja, Selasa (7/3/2017) malam.

Hayu memastikan, semua materi yang di web tersebut harus valid. Apalagi akhir-akhir ini ada kebiasaan masyarakat yang asal share informasi tidak valid. Karena itulah, kratonjogja.id dinilai penting diluncurkan.

Advertisement
Kata Kunci : KRATON JOGJA
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif