News
Selasa, 7 Maret 2017 - 12:45 WIB

TAHUKAH ANDA? : Di Tiongkok, Tangis Bocah Saat Potong Rambut Bisa Jadi Berkah

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ritual unik di Festival Longtaitou Tiongkok. (Istimewa/Dailymail.co.uk)

Festival Longtaitou saat tepat memangkas rambut buah hati.

Solopos.com, TIONGKOK — Orang tua di Tiongkok sengaja membiarkan anaknya menagis saat rambutnya dipotong untuk mencari keberkahan. Fenomena unik itu rupanya bagian dari ritual dalam Festival Longtaitou.

Advertisement

Mencukur rambut menjadi hal menakutkan bagi sebagian anak. Bbanyak anak yang menolak ketika diajak mencukur rambut bahkan hingga menangis. Jika di banyak tempat kejadian ini cukup mengesalkan, lain halnya dengan di Tiongkok.

Dilansir Shanghaiist.com, Sabtu (4/3/2017), orang tua di Tiongkok sengaja membuat anaknya menagis saat dicukur rambutnya. Mereka percaya bahwa tangisan anaknya ketika dicukur saat Festival Longtaitou dapat mendatangkan keberkahan. Air mata yang keluar dari mata sang anak dilambangkan sebagai hujan turun dan dapat menyuburkan tanah.

Walaupun sang anak menangis, paling tidak sang orangtua mampu meninggalkan salon dengan harapan mendapat keberuntungan di tahun selanjutnya.

Advertisement

Festival Longtaitou merupakan perayaan pertanian tradisional untuk memenuhi tuntutan naga pembawa angin dan hujan di Tiongkok.
Selain membiarkan anak menangis, cara untuk memenuhi tuntutan naga tersebut antara lain memakan pancake dan mie, serta mencukur rambut kepala buah hati.

(Verlandy Donny Fermansah/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif