Teknologi
Senin, 6 Maret 2017 - 20:10 WIB

TAHUKAH ANDA ? : Terungkap, Kenapa Panda Berwarna Hitam Putih?

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panda (The Frisky)

Tahukah Anda mengapa panda memiliki warna hitam-putih?

Solopos.com, SOLO – Peneliti terus berupaya mengungkap alasan mengapa panda berwarna hitam-putih. Hasil temuan ilmuwan dari University of California, Davis dan California State University dimuat dalam jurnal Behavioral Ecology.

Advertisement

“Memahami mengapa panda memiliki warna mencolok seperti ini merupakan problem yang sudah lama ada di dunia biologi dan sulit karena tidak ada mamalia lain yang berwarna seperti itu. Analoginya menjadi sulit,” kata penulis utama penelitian Tim Caro, profesor di Departemen Alam Liar, Ikan dan Konservasi Biologi UC Davis.

Dilansir Antara dari Science Daily, Senin (6/3/2017), peneliti memperlakukan setiap bagian tubuh sebagai area yang independen sehingga mereka dapat membandingkan bulu di berbagai tempat di tubuh panda dengan warna hitam-putih pada 195 spesies karnivora dan 39 sub-spesies beruang.

Mereka mencoba mencocokan kegelapan di bagian tubuh tersebut dengan berbagai variabel ekologis dan sifat untuk menemukn fungsi.

Advertisement

Melalui perbandingan ini, ditemukan sebagian besar panda berwarna putih di wajah, leher, perut dan pantat, untuk membantu mereka bersembunyi di daerah bersalju.

Para ilmuwan menduga dua warna tersebut berasal dari pola makan bambu dan tidak bisa mencerna banyak tumbuhan.

Artinya, mereka tidak bisa menyimpan cukup lemak untuk tidur selama musim dingin, seperti beruang. Panda harus aktif sepanjang tahun, berpindah dalam jarak jauh dan juga memiliki banyak habitat mulai dari gunung bersalju hingga hutan tropis.

Advertisement

Tanda hitam di kepala mereka bukan untuk bersembunyi dari predator, melainkan untuk berkomunikasi.

Telinga berwarna gelap membantu panda merasakan keganasan, sinyal ada predator. Lingkaran hitam di mata membantu mengenali satu sama lain atau memberi sinyal serangan pada panda pesaing.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif