Teknologi
Senin, 6 Maret 2017 - 21:10 WIB

Susul Instagram, Whatsapp Kini Punya Stories

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Whatsapp (Ubergizmo)

Whatsapp kini punya fitur stories.

Solopos.com, SOLO – Menguntit Snapchat, aplikasi perpesanan Whatsapp akhirnya meluncurkan fitur stories mirip saudaranya, Instagram. Stories milik Whatsapp berada di kolom status. Pengguna dapat mengunggah foto maupun video di kolom tersebut.

Advertisement

Video stories milik Whatsapp memungkinan penggunanya mengunggah klip pendek sepanjang 45 detik. Format file Gif pun juga dapat diunggah di fitur tersebut. Stories tersebut juga dapat ditambahkan emoji dan penjelasan teks berikut beragam warna yang tersedia. Kontak yang memiliki nomor ponsel kita pun kemudian dapat menonton status tersebut. Sebaliknya, kita juga dapat melihat siapa saja yang telah mengintip status itu.

Dikutip Solopos.com dari berbagai sumber, Rabu (1/3/2017), pembaruan fitur teranyar tersebut sementara hanya tersedia untuk perangkat berbasis IOS dan Android. Belum ada pemberitahuan lebih lanjut untuk ponsel bersistem Windows. Sama seperti Instagram dan Snapchat, kita dapat mengatur beberapa pembaruan yang akan diputar satu per satu. Status itu berada di kolom terpisah dari percakapan atau obrolan pribadi bersama pengguna lain.

Saat menilik kolom status di pembaruan, pengguna pun dapat bereaksi menyampaikan balasan (mirip Instagram). Caranya dengan menekan balasan, kemudian respon dikirim sebagai pesan Whatsapp baru. Pembaruan status itu nantinya akan hilang setelah 24 jam. Di samping itu pengguna pun dapat menghapusnya apabila tak ingin status itu lama-lama dipajang.

Advertisement

Whatsapp menyebut penambahan fitur tersebut menjadi penanda ulang tahun ke-8. Fitur itu menunjukkan reaksi terhadap perubahan bagaimana cara orang menggunakan aplikasi. “Ketika kami melihat orang menggunakan fitur untuk berkomunikasi secara real time, kami mendesain ulang Whatsapp sebagai aplikasi pesan,” tulis CEO Whatsapp Jan Koum.

Ia menambahkan pembaruan dan peningkatan fitur status memungkinkan pengguna menggunakan Whatsapp dengan mudah, menyenangkan dan sederhana. Sebelum fitur itu dilepas, pengguna Whatsapp hanya dapat mengatur status tunggal dengan memilih sejumlah alternatif pra-set seperti At Work, Tersedia, atau kalimat khusus pengguna.

Whatsapp meluncurkan fitur status tersebut beberapa hari setelah pengguna Android menerima pembaruan ratusan emoji baru. Emoji baru itu sebelumnya hanya muncul di perangkat IOS saat pembaruan IOS 10. Di samping itu, Whatsapp juga dapat memutar video yang diterima di obrolan baru secara langsung, tanpa perlu diunduh terlebih dahulu. 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif