News
Senin, 6 Maret 2017 - 15:30 WIB

Pilih Ahok atau Anies? Demokrat Tentukan Sikap Hari Ini

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan pernyataan pers soal dugaan penyadapan percakapan telepon dirinya dengan Ketum MUI KH Ma'ruf Amin, di Wisma Proklamasi, Jakarta, Rabu (1/2/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Partai Demokrat dan PAN segera memutuskan sikap soal dukungan terhadap Ahok atau Anies.

Solopos.com, JAKARTA — Partai Demokrat segera memutuskan sikap menghadapi putaran kedua Pilkada Jakarta 2017. Sedangkan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyatakan dukungan resmi partainya pada putaran kedua akan diputuskan dalam satu-dua hari ini.

Advertisement

Sebagai sesama pendukung pasangan calon gubernur Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylvi) dengan Partai Demokrat pada putaran pertama, partainya belum menentukan pilihannya pada Pilkada Jakarta putaran kedua. Hal itu juga sejalan dengan sikap Partai Demokrat yang belum menentukan sikap.

Menurut Zulkifli, dirinya akan melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menentukan pilihan. “Karena itu saya kira 1-2 hari ini sudah adalah keputusannya,” ucap Zulkifli di kompleks Parlemen, Senayan, Senin (6/3/2017).

Dia mengaku memang sudah melakukan pertemuan beberapa waktu lalu dengan presiden ke-6 RI itu dan harusnya akan difinalisasi pada hari ini. Zulkifli menyatakan, tak menutup kemungkinan PAN akan satu pilihan suara dengan Partai Demokrat pada putaran kedua nanti.

Advertisement

Namun, dia juga membuka kemungkinan untuk berbeda sikap dalam memberi dukungan. “Ya bisa sama bisa juga berbeda,” ujarnya.

Ketika disinggung adanya deklarasi kader PAN untuk mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Ketua MPR itu mengatakan akan menampung seluruh suara dari kader-kader PAN yang di bawah. “Aspirasi kan perlu diperhatikan, parpol itu kan perlu memperjuangkan aspirasi yang diwakili, nah aspirasi itu tentu kita dengar nanti kita putuskan,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan bahwa partainya akan mengumumkan sikap politiknya di putaran kedua Pilkada Jakarta setelah melakukan rapat pleno pengurus harian hari ini. Rapat itu akan dihadiri Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Advertisement

“Jadi memang sangat memungkinkan kalau setelah rapat pleno ada konferensi pers terkait dukungan Demokrat di putaran kedua Pilkada Jakarta,” katanya. Dia menjelaskan Rapat Pleno itu akan dibuka oleh Ketum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan dihadiri seluruh pengurus harian.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif