Teknologi
Senin, 6 Maret 2017 - 09:49 WIB

Google Bertanya, Dimana Lokasi Taman Nasional Komodo?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Komodo JIBI/Kabar24

Google membuat Doodle Art menarik dengan tema Taman Nasional Komodo.

Solopos.com, SOLO — Hari ini, Senin (6/3/2017), Google membuat Doodle Art cantik bertema Komodo. Rupanya hari ini, tanggal 6 Maret 2017, Taman Nasional Komodo berulang tahun ke-37. Bahkan, Google menyuguhkan pencarian mendalam dengan menyodorkan pertanyaan pembuka “Dimana Lokasi Taman Nasional Komodo?”

Advertisement

Selain pertanyaan “Dimana Lokasi Taman Nasional Komodo?” Google juga menyodorkan pertanyaan lain yang cukup menggelitik. “Apakah komodo merupakan spesies yang terancam punah?” Jika di klik, pengakses akan dituntun ke kumpulan laman situs yang berusaha menjawab pertanyaan itu.

Dimana lokasi Taman Nasional Komodo?

Advertisement

Dimana lokasi Taman Nasional Komodo?

Untuk pertanyaan pertama ini, laman ensiklopedia bebas Wikipedia mengutip ulasan di laman New7Wonder.com, menjelaskan Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².

Advertisement

Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini.

Apakah komodo merupakan spesies yang terancam punah?

Pertanyaan kedua yang disodorkan Google ini barangkali terbilang cukup membuat penasaran. Laman Wikipedia dalam ulasan tentang Komodo telah menjelaskan banyak hal termasuk apakah komodo spesies yang terancam punah.

Advertisement

Melalui rilis data IUCN Red List yang disusun World Conservation Monitoring Centre yang diterbitkan 1996 dijelaskan komodo merupakan spesies yang rentan terhadap kepunahan, dan dikatagorikan sebagai spesies Rentan dalam daftar.  Sekitar 4.000–5.000 ekor komodo diperkirakan masih hidup di alam liar. Populasi ini terbatas menyebar di pulau-pulau Rinca (1.300 ekor), Gili Motang (100), Gili Dasami (100), Komodo (1.700), dan Flores (mungkin sekitar 2.000 ekor).

Meski demikian, ada keprihatinan mengenai populasi ini karena diperkirakan dari semuanya itu hanya tinggal 350 ekor betina yang produktif dan dapat berbiak. Bertolak dari kekhawatiran ini, pada tahun 1980 Pemerintah Indonesia menetapkan berdirinya Taman Nasional Komodo untuk melindungi populasi komodo dan ekosistemnya di beberapa pulau termasuk Komodo, Rinca, dan Padar.

Aktivitas vulkanis, gempa bumi, kerusakan habitat, kebakaran (populasi komodo di Pulau Padar hampir punah karena kebakaran alami), berkurangnya mangsa, meningkatnya pariwisata, dan perburuan gelap; semuanya menyumbang pada status rentan yang disandang komodo.

Advertisement

Berapa berat rata-rata komodo?

Pada umumnya, panjang komodo berkisar antara 1,8 hingga 2,7 meter dengan berat sekitar 75 kg.

Komodo adalah hewan karnivora dan pemulung (pemakan bangkai) dan merupakan karnivora teratas di ekosistem mereka. Komodo kadang-kadang menangkap mangsa hidup dengan cara bersembunyi dan menyergap, meskipun sumber makanannya terutama adalah bangkai.

Komodo memiliki penglihatan dan pendengaran yang memadai tetapi lebih mengandalkan penciuman untuk mendeteksi mangsa potensial. Komodo memiliki lidah panjang bercabang berwarna kekuningan serta gigi yang tajam.

Komodo memiliki moncong bulat, kaki yang kuat, dan ekor berotot. Mereka memiliki wilayah kekuasaan tapi jarang berkelahi untuk mempertahankannya.

Seberapa cepat komodo dapat berlari?

Hewan ini dapat mencium mangsa hingga jarak 10 kilometer menggunakan lidahnaya yang bercabang. Kecepatan lari komodo ini memang tak seberapa dibanding dengan kuda. Menempuh jarak 20km paling cepat ditempuh dalam waktu 1 jam.

Komodo biasanya tenang-tenang saja jika ada manusia lewat, asal tidak diganggu. Salah satunya adalah gerakan tiba-tiba. Oleh karena itu, jangan lari. Pasalnya, gerakan ini malah dapat membuat komodo mengejar Anda.

Bagaimana jika dikejar komodo? “Larilah secara zig-zag. Komodo tidak bisa lari secara zig-zag, dan ia akan kesusahan berbelok. Namun, jangan remehkan kecepatan komodo. Ia mampu berlari 18 kilometer per jam,” demikian dijelaskan laman News7Wonder.com di laman penjelasan tentang “Pula Komodo.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif