Jogja
Minggu, 5 Maret 2017 - 10:20 WIB

WISATA BANTUL : Desa Wisata Diimbau untuk Kembangkan Homestay

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wisata Bantul didorong untuk pengembangan di semua potensi

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul mendorong desa-desa wisata mengembangkan home stay.

Advertisement

Sekretaris Dispar Bantul Jati Bayubroto pada Jumat (3/3/2017) mengungkapkan, homestay sebagai tempat menginap bagi wisatawan ketika berkunjung di desa wisata sangat diperlukan. Karena menjadi daya tarik wisatawan untuk menetap lebih lama sambil menikmati nuansa alam perdesaan.

Jati mengakui, dari sekitar 30 desa wisata yang tersebar di beberapa Kecamatan Bantul, belum semua menyediakan homestay. Kalaupun ada, fasilitas dan sarana yang ada di homestay tersebut perlu ditingkatkan.

Ia menyebut, homestay yang ada di kawasan wisata baru di Imogiri dan Desa Wisata Tembi. Desa Wisata Tembi menawarkan pemandangan persawahan, desa dan fasilitas home stay yang menarik. Sedangkan di Imogiri, ada pemandangan alam dan suasana perdesaan yang diminati pengunjung.

Advertisement

Pengelola desa wisata bisa memanfaatkan rumah asli penduduk setempat sebagai home stay, imbuh Jati. Namun yang terpenting kebersihan tempat tidur dan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) juga diutamakan agar wisatawan nyaman.

“Ada satu homestay di desa wisata Imogiri beberapa waktu lalu mendapat penghargaan dari lembaga internasional, karena menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Jadi homestay yang masih di kampung kemudian kita tawarkan aktivitas masyarakat setempat, itu yang sangat menarik,” ungkapnya.

Dispar tidak akan tinggal diam dalam mengembangkan home stay, melainkan akan memberikan pembinaan. Berupa pengetahuan mengenai sisi penyiapan tempat yang layak, menu makanan dan teknik penyajiannya, serta promosi.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Desa Wisata Bantul
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif