Soloraya
Sabtu, 4 Maret 2017 - 19:00 WIB

UJIAN SD 2017 : 10.446 Siswa SD/MI di Solo Masuk DNS Calon Peserta US/M

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Ujian SD 2017 dilaksanakan Mei mendatang.

Solopos.com, SOLO – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo menyatakan sebanyak 10.446 siswa dari 256 sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (US/MI) telah masuk dalam daftar nominasi sementara (DNS) calon peserta Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) 2017.

Advertisement

Pemutakhiran data DNS untuk bisa ditetapkan menjadi daftar nominasi tetap (DNT) peserta, ditargetkan dapat rampung Maret ini.

Menurut Kasi Kurikulum Bidang SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Rita Nirbaya, pemutakhiran DNS berupa validasi dan verifikasi data siswa saat ini masih berlangsung.

“Target kami Maret ini selesai,” ungkap Rita saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (3/3/2017).

Advertisement

Validasi data siswa yang dilakukan untuk memastikan data diri calon peserta, nomor induk siswa nasional (NISN), dan nama orang tua sesuai dengan tanda bukti kelahiran.

Setelah pemutakhiran data tersebut, tahap selanjutnya adalah penetapan DNT untuk keperluan pencetakan kartu ujian peserta dan yang lain terkait pelaksanaan US/M tersebut.

Rita menyebut, terkait persiapan lainnya, saat ini pemerintah dalam tahap mempersiapkan penyusunan soal.

Advertisement

Soal-soal US/M Tahun Pelajaran 2016/2017 disusun oleh pemerintah provinsi berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota berdasarkan kisi-kisi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Untuk mempersiapkan siswa menghadapi US/M, akan diadakan try out atau uji coba menghadapi US/M tingkat kota oleh Disdik.

Terkait persiapan pembuatan soal US/M, Rita menyebutkan Disdik Kota Solo sudah mengirimkan tiga guru untuk masuk dalam tim pembuat soal US/M.

“Tiga guru yang kami kirim adalah guru untuk tiga mata pelajaran yang diujikan dalam US/M yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dam Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),” terang dia.

Rita menambahkan US/M 2017 utama dijadwalkan 15, 16, dan 17 Mei 2017. Selain siswa SD/MI, ujian tersebut juga diikuti peserta Program Kejar Paket A.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif