News
Sabtu, 4 Maret 2017 - 21:46 WIB

1 Jam Menunggu, Ahok-Djarot Walkout dari Pleno KPU DKI Jakarta

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) berdiri dan meninggalkan ruang rapat pleno KPU DKI Jakarta, Sabtu (4/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A)

Ahok-Djarot melakukan walkout atau meninggalkan arena Pleno terbuka KPU DKI Jakarta setelah sejam menunggu.

Solopos.com, JAKARTA — Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) meninggalkan area pleno terbuka yang dilaksanakan KPU DKI Jakarta. Mereka menilai ada yang tidak profesional dalam penyelenggaraan pleno itu.

Advertisement

“Kami melihat ada ketidak profesionalan dari penyelenggara Pilkada DKI Jakarta,” kata Djarot di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (4/3/2017).

Dia mengatakan dirinya dan Ahok sudah datang tepat waktu dalam Rapat Pleno tersebut sejak pukul 19.00 WIB. Mereka pun sudah satu jam menunggu namun acara belum dimulai. Menurut dia, dirinya dan Ahok sudah mengalahkan beberapa acara untuk menghadiri pleno terbuka, namun jadwal mulainya tidak tepat waktu.

“Kami hargai undangan KPU Jakarta dan kami datang tepat waktu sehingga kami harus kalahkan beberapa acara yang harus kami hadiri dengan harapan acara di KPU tepat waktu,” ujarnya.

Advertisement

Djarot mengatakan seharusnya KPU DKI Jakarta memberlakukan aturan yang sama terhadap semua pasangan calon. Konsekuensinya, jika jadwal acara pleno terbuka pukul 19.00 WIB, maka seharusnya paling telat pukul 19.15 WIB harus dimulai.

Dia menilai dalam membangun demokrasi harus memberikan peraturan yang sama tanpa ada pembedaan. “Kami ada acara lain sehingga kami tinggalkan tempat dan tim kampanye yang akan mewakilkan dalam Rapat Pleno,” katanya.

KPU Provinsi DKI Jakarta menggelar Rapat Pleno Terbuka penetapan pasangan calon dan peluncuran tahapan pemilihan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta putaran kedua, pada Sabtu malam ini di Hotel Borobudur Jakarta. Praktis, saat para calon yang akan berlaga di putaran kedua dipanggil ke panggung, hanya Anies-Sandi yang muncul bersama perwakilan Ahok-Djarot.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif