Teknologi
Jumat, 3 Maret 2017 - 15:30 WIB

Gemar Bikin Vlog di Youtube, Jokowi Diperbincangkan Media Mancanegara

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Vlog Presiden Jokowi dan Raja Salman (Youtube)

Kegemaran Presiden Jokowi membikin vlog membuat Youtube memberinya penghargaan YouTube Silver Button.

Solopos.com, SOLO — Kegemaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) menayangkan video blog atau vlog di situs berbagi video Youtube menarik perhatian media mancanegara.

Advertisement

Media teknologi asal Amerika Serikat, Mashable, menuliskan berita dengan judul Indonesia’s president is a social media pro and he’s got more followers than Justin Trudeau [Presiden Indonesia adalah seorang yang pro-sosmed dan dia punya follower lebih banyak dari Justin Trudeau, Jumat (2/3/2017). Trudeau adalah Perdana Menteri Kanada yang juga dikenal sangat akrab dengan media sosial dan punya 986.000 pengikut di Instagram.

Tulisan tersebut menunjukkan upaya Presiden Jokowi meraih simpati dari rakyatnya melalui media sosial. “Dia punya lebih dari 100.000 pelanggan, streaming langsung acara, dan bahkan vlog tentang apa yang dia makan. Sering dikenal sebagai Jokowi, presiden telah mengumpulkan ribuan penggemar, dan bahkan memiliki hashtag sendiri, #JKWVLOG.” tulis Mashable.

Mashable juga mengangkat beberapa hal yang dimunculkan Presiden Jokowi di vlognya. Seperti video terbarunya saat makan bersama Raja Arab Saudi, Salman bi Abdulaziz Al-Saud yang sedang berkunjung di Indonesia. Video tersebut ditonton 600.000 kali hanya dalam waktu kurang dari 18 jam.

Advertisement

Video berjudul Makan Siang bersama Raja Salman memperlihatkan momen sederhana, namun jarang diperlihatkan dalam pertemuan dua kepala negara. Saat itu, Presiden Jokowi dan Raja Salman tersebut makan siang di Istana Negara.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saat ini saya sedang bersantap siang dengan Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, beliau baru makan,” katanya sebelum mengarahkan kamera ke Raja Salman.

Selain vlog bersama Raja Salman, vlog Presiden Jokowi saat bermain panco bersama Kaesang Pangarep dan makan bakso menggunakan kamera 360 derajat, juga dibahas. Bahkan, Mashable sempat menghubungi Youtube untuk mendengar pendapat video-video Presiden Jokowi.

Advertisement

Juru bicara Youtube menyatakan Youtube memberikan penghargaan channel YouTube Silver Button kepada Presiden Indonesia ke-7 tersebut atas capaian 100.000 subscribers. “Widodo bahkan baru-baru ini dianugerahi YouTube Channel YouTube Silver Button dan itu sedang dalam perjalanan [untuk diberikan] ke dia,” tulis artikel itu.

“Presiden tidak hanya mahir bermain Youtube. Dia tidak asing dengan Instagram, di mana dia mengumpulkan hampir tiga juta pengikut,” tulis Mashable. Mashable pun membandingkan capaian follower Presiden Jokowi melebihi Pedana Menteri Kanada Justin Trudeu yang hanya memiliki. (Verlandy Donny Fermansah/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif