Jogja
Jumat, 3 Maret 2017 - 05:40 WIB

ANTISIPASI TERORISME : Perkuat Konten Positif, BNPT Gandeng Anak Muda

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penolakan terhadap radikalisme dan terorisme. (JIBI/Solopos/Antara//R Rekotomo)

Konten positif dan damai tersebut diyakini dapat membendung paham radikalisme yang terjadi saat ini.

Harianjogja.com, SLEMAN- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan menggandeng lebih banyak anak muda untuk menyebarkan konten positif di dunia maya. Konten positif dan damai tersebut diyakini dapat membendung paham radikalisme yang terjadi saat ini.

Advertisement

Debuti BNPT Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir mengatakan, pihaknya akan terus menggaet kalangan muda untuk tergabung dalam misi tersebut. Mereka akan mendapatkan pelatihan untuk melengkapi 1.000 oarang pasukan cyber yang sebelumnya dibentuk. “Saat ini kami memiliki tiga website khusus dengan konten positif seperti Damailah Indonesiaku, Jalan Damai dan Damai.id,” katanya kepada wartawan dalam sarasehan bersama 200 orang pegiat dunia maya di Ballroom The Alana Hotel, Kamis (2/3).

Peserta sarasehan tersebut, katanya, berasal dari empat provinsi mulai Sumatera Utara, DIY, Jakarta dan Makassar. Sarasehan tersebut digelar untuk meningkatkan produktivitas konten damai di dunia maya. “Kami berharap dunia maya terus dibanjiri dengan berita-berita yang positif, bukan hoax dan mengandung paham radikal. Tahun ini kami akan gandeng lagi ribuan orang di tujuh kota besar seperti di Kalimantan, Sulawesi dan Jawa Timur,” katanya.

Pegiat anti hoax Septiaji Eko Nugroho menilai, masyarakat mudah dipengaruhi oleh informasi atau berita yang tidak benar. Hal itu terjadi karena budaya literasi masyarakat masih sangat rendah. “Masyarakat mudah sekali menerima dan menyebarkan berita hoax karena budaya membaca rendah. Ke depan perlu ditingkatkan lagi budaya membaca agar dapat terhindar dari berita tidak benar,” usulnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif