Jogja
Kamis, 2 Maret 2017 - 15:20 WIB

PRESTASI DAERAH : Pemkot Jogja Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Pemkot Jogja

Prestasi daerah diterima Kota Jogja sebagai kota dengan p?elayanan publik terbaik

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Kota Jogja meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sebagai kota dengan p?elayanan publik terbaik.

Advertisement

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menpan RB di ruang serbaguna Kemenpan RB di Jakarta Selatan kepada Sekretaris Daerah Kota Jogja, Titik Sulastri pada Kamis (2/3/2017) pagi.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras semua Satuan Kerja Perangkat Daerah dan masyarakat Kota Jogja,” kata Titik dalam rilisnya yang diterima Harianjogja.com.

Titik mengatakan di samping memberikan kepercayaan terhadap kinerja Pemerintah Kota Jogja, penghargaan itu juga sebagai tantangan untuk terus memperbaiki kualitas kinerja demi mensejahterakan masyarakat.

Advertisement

Ia berharap dengan penghargaan tersebut akan selalu menjadi motivasi Pemerintah Kota Jogja dan masyarakat agar dapat meningkatkan dan mempertahankan dukungan terhadap program yang dilaksanakan pemerintah.

Sementara itu, Menpan RB, Asman Abnur menyampaikan penghargaan tersebut sebagai upaya percepatan kualitas pelayanan publik di Indonesia yang dianggap sangat baik setelah memperoleh rekomendasi positif dari masyarakat pengguna unit pelayanan publik.

“Penilaian ini berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dimana Kementerian PANRB memiliki tugas untuk melaksanakan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik,” katan Asman.

Advertisement

Asman menilai Pemerintah Kota Jogja telah memberikan pelayanan publik terbaik se-Indonesia dan telah ditetapkan sebagai role model wilayah Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri PANRB RI Nomor 191 Tahun 2016.

Penilaian untuk menetapkan Kota Jogja sebagai kota dengan pelayanan publik terbaik dilakukan secara komperhensif, mulai dari standar pelayanannya, kemudian prosedurnya menyulitkan atau memudahkan, dan yang tidak kalah penting kita lakukan survei kepuasan masyarakat.

“Dari situ, masyarakat akan memberikan penilaian pada sebuah unit pelayanan, dan menjadi bahan pertimbangan pihak Kementerian PANRB untuk melakukan penilaian,” ujar dia.

Menpan RB juga menyampaikan bahwa penghargaan tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para kepala daerah dan unit penyelenggara pelayanan publik yang memiliki komitmen tinggi dalam kualitas pelayanan publik didaerahnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif