News
Kamis, 2 Maret 2017 - 19:30 WIB

Cerita Puan Maharani Tentang Pertemuan Bung Karno & Raja Arab

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kanan) dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud (kedua kiri) menanam pohon ulin di halaman tengah Istana, Jakarta, Kamis (2/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kedatangan Raja Salman mengingatkan Puan Maharani tentang cerita pertemuan Bung Karno dan Raja Arab Saudi puluhan tahun lalu.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud melakukan penanaman pohon di taman belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (2/3/2017) siang. Acara tersebut dilakukan usai pertemuan antara Presiden dan Raja Salman dengan para ulama serta tokoh Islam di Indonesia.

Advertisement

Namun, ada satu peristiwa menarik yang terselip di antara dua agenda tersebut. Peristiwa itu adalah pertemuan antara Raja Salman dengan Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani, yang merupakan anak dan cucu proklamator sekaligus Presiden pertama RI, Soekarno.

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden, pertemuan Raja Salman dengan tokoh keturunan Soekarno tersebut berlangsung sekitar 15 menit.

Sebelumnya, Puan yang juga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) sempat bertemu dengan Raja Salman di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (1/3/2017). Saat baru tiba di Istana Bogor dan disambut oleh Presiden Joko Widodo, Raja Salman menanyakan cucu Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno. “Mana cucu Soekarno?” tanya Raja Salman kepada Presiden.

Advertisement

Tak lama, Presiden memanggil Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. “Ini cucu Soekarno,” kata Presiden.

Dalam pertemuan dengan Raja Salman di Istana Kepresidenan, Puan menuturkan bahwa memori tentang kakenya Soekarno adalah bukti bahwa hubungan antara Kerajaan Arab Saudi dan Indonesia sangat erat.

“Saya tentu saja menyempatkan diri untuk bertemu anaknya Bung Karno untuk melanjutkan hubungan ini. Pertemuan ini merupakan suatu bentuk sejarah yang semakin erat dengan Arab Saudi,” ucap Raja Salman seperti diungkapkan oleh Puan Maharani.

Advertisement

Masih dituturkan oleh Puan, ada cerita unik menurut Raja Salman terkait hubungan antara Raja Arab Saudi terdahulu dengan Presiden Soekarno. Dia mengetakan belum diketahui dengan jelas siapa Raja Arab Saudi yang pernah berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan kakeknya itu.

Dalam rencana kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia sebagai kunjungan balasan untuk kedatangan Bung Karno ke Arab, Puan menceritakan bahwa Soekarno pernah membuat kasur khusus untuk raja.

“Kemudian pada kesempatan itu raja yang mau datang ke Jakarta karena tinggi besar sekali, enggak ada tempat tidur yang cukup. Nah, Bung Karno selaku arsitek membuat tempat tidur khusus untuk raja tersebut, rajanya lupa, sepanjang dua meter. Sekarang tempat tidur itu ada di Istana Bogor,” ujar Puan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif