Jogja
Rabu, 1 Maret 2017 - 03:20 WIB

PEMKOT JOGJA : RTH Ditambah, Anggarkan Rp4,5 Miliar Disiapkan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Pemkot Jogja akan menambah RTH di tiga wilayah

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja tahun ini menganggarkan Rp4,5 miliar untuk pengadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Rencananya penambahan RTH publik akan diprioritaskan untuk tiga wilayah, yakni Pringgokusuman, Purwokinanti, dan Bausasran.

Advertisement

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Jogja, Hari Satya Wacana mengatakan luas RTH di tiga kelurahan itu masing-masing 223, 300, dan 750 meter persegi. Ruang terbuka hijau itu nantinya juga tidak hanya lahan kosong, melainkan ada bangunan seluas 20 persen dari total luas RTH.

“Tahun ini kami baru proses pengadaan lahannya dulu, baru tahun depan dilanjutkan dengan penambahan fasilitas pendukung RTH,” kata Hari, Senin (28/2/2017).

Dengan bertambahnya tiga RTH publik, maka total RTH menjadi 44 yang tersebar di 33 kelurahan se-Kota Jogja. Hari menyatakan, Pemerintah Kota Jogja terus berupaya menamba RTH publik, minimal ada satu RTH di setiap kelurahan.

Advertisement

Jumlah RTH yang sudah ada diakui Hari baru mencapai 19 persen dari yang diwajibkan 20 persen dalam undang-undang. Meski jumlah RTH sudah melebihi dari yang diharuskan, Hari mengatakan Pemerintah Kota Jogja akan terus beruaya menambah RTH publik.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif