Jateng
Minggu, 26 Februari 2017 - 09:50 WIB

KEMISKINAN SEMARANG : Pengemis Ngesot Bikin Netizen Geger, Ini Faktanya...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengemis yang membuat netizen MIK Semar geger. (Facebook.com-Angga Restu Kurniawan)

Kemiskinan membuat seorang berlagak cacat demi bisa jadi pengemis ngesot di Kota Semarang, benarkah?

Semarangpos.com, SEMARANG – Pengemis yang berjalan mengesot di kawasan Tlogosari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) membuat geger grup Facebook Media Informasi Kota Semarang (MIK Semar), Kamis (23/2/2017).

Advertisement

Pangkalnya, pengguna akun Facebook Angga Restu Kurniawan mengunggah foto si pengemis ngesot ke dinding grup setelah bertemu dengannya di Tlogosari. Ia memaparkan pengemis itu masih terlihat sangat muda. Ia meminta-minta kepada orang yang melintas di kawasan Tlogosari dengan mengesot di tepi jalan.

Angga Restu Kurniawan mengaku semula mengira pengemis itu mengalami lumpuh pada bagian kakinya sehingga tak dapat berjalan normal. Nyatanya setelah beberapa saat, pengemis itu berdiri dan berjalan sedikit membungkuk. Sesaat kemudian ia hendak mengesot kembali, tapi karena mengetahui dirinya difoto oleh seseorang, pengemis tersebut kembali membatalkan niatnya mengesot.

Menurut Angga Restu Kurniawan, pengemis itu hanya berpura-pura cacat demi mendapatkan belas kasihan para dermawan. “Posisi njengking itu sepertinya mau ngesot tidak jadi karna tau saya foto,” tulis pengguna akun Facebook Angga Restu Kurniawan dalam keterangan foto unggahannya di grup MIK Semar.

Advertisement

Pengemis itu pun lantas menuai cibiran dan makian dari netizen member MIK Semar. “Dunia jempalik. Normal minta cacat. Goblok,” tulis pengguna akun Chandra Mustika II.

Namun ternyata sejumlah netizen yang mengaku sebagai tetangga si pengemis mengungkapkan apa yang dilakukan pengemis tersebut memang karena cacat dan tak bisa berjalan normal. Pengguna Rezaa Kahfi memaparkan pengemis tersebut tinggal di kawasan Sendangguwo, Kecamatan Tembalang dan memang mengalami cacat pada kaki sejak lahir.

Sejumlah netizen pun membenarkan pengemis di Tlogosari tersebut memang mengalami kelumpuhan. Netizen lantas geger dan menyalahkan si pengunggah foto yang telah menuduh si pengemis tanpa dasar yang jelas. “Padahal cah iki bener2 maaf cacad. lawong aku sering ketemu mbek cah iki kok. nik ditakoni yo rodok rak dong,” tulis pengguna akun Mamae ALdo.

Advertisement

Tekke Gat*li. Wong cacat dipaido bar mbalek dewe porak Apik?” timpal pengguna akun Mandon.

Perbincangan netizen itu pun terus bergulir di kolom komentar. Mereka merasa iba kepada pengemis yang ternyata benar-benar mengalami cacat pada kakinya. Sejumlah netizen juga lantas mengimbau kepada netizen lain agar tak menyebarkan informasi yang belum pasti kebenarannya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif