News
Minggu, 26 Februari 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 26 Februari

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kinemacolor. (Brianpritchard.com)

Berikut ini catatan peristiwa dunia hari ini, 26 Februari.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahhun ke tahun pada 26 Februari. Solopos.com merangkumnya dalam catatan peristiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut ini:

Advertisement

1233
Pasukan Mongol berhasil menduduki pusat pemerintahan Dinasti Ji di Kota Kaifeng, Tiongkok. Keberhasilan pesukan Mongol itu diraih setalah melakukan pengepungan selama berbulan-bulan lamanya.

Patung Raja Napoli, Charles I. (Wikimedia.org)

Advertisement

Patung Raja Napoli, Charles I. (Wikimedia.org)

1266
Pasukan pemberontak yang dipimpin Charles berhasil mengalahkan pasukan dari Sisilia dan Jerman yang dipimpin Raja Napoli, Manfred, dalam Pertempuran Benevento. Charles lantas dikukuhkan sebagai penguasa Napoli setelah berhasil membunuh Manfred. Pengukuhannya sebagai raja diresmikan oleh Paus Klemens IV. Ia lantas dikenal dengan nama Charles I.

Galileo Galilei. (Universetoday.com)

Advertisement

1876
Jepang dan Korea menandatangani perjanjian yang memperbolehkan warga Jepang masuk wilayah Korea secara bebas. Hal itu menguntungkan Jepang yang terus mengirim barang ke sejumlah kawasan Korea untuk diperdagangkan. Namun dengan perjanjian itu, Korea juga bisa terlepas dari cengkeraman Tiongkok yang kala itu di bawah pimpinan Dinasti Qing.

1909
Film berwarna pertama di dunia diputar di Palace Theatre, London, Inggris. Film berwarna itu berjudul Kinemacolor karya George Albert Smith.

Winston Churchill (Itv.com)

Advertisement

1952
Perdana Inggris, Winston Churchill, mengumumkan bahwa negaranya berhasil membuat bom atom. Hal itu diragukan sejumlah negara yang menganggap pengumuman tersebut hanyalah gertakan yang dilakukan Inggris kepada negara lain selama perang dingin.

1989
Amerika Serikat (AS) telah menarik semua pasukan militernya dari Lebanon. AS menganggap sullit untuk mewujudkan perdamaian di Lebanon yang terus dilanda konflik dan pertempuran.

1992
Pasukan Armenia menyerang Kota Khojaly, Azerbaijan dalam Perang Armenia-Azerbaijan. Serangan itu justru lebih banyak membunuh warga sipil dibanding militer Azerbaijan.

Advertisement

1993
Bom mobil meledak di lokasi parkir World Trade Center (WTC), New York, Amerika Serikat (AS). Bom tersebut menewaskan enam orang dan melukai sekitar 100 orang serta merusak beberapa bagian bangunan WTC. Beberapa bulan kemudian, pihak berwajib berhasil menangkap para pelaku, yakni Mohammed Salameh, Nidal Ayyad, Mahmud Abouhalima dan Ahmad Ajaj. Keempat pengebom tersebut lantas dijatuhi hukuman kurungan penjara seumur hidup.

2009
Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mencabut larangan kator berita menunjukkan gambar peti mati tentara yang kembali ke AS setelah gugur saat tugas di luar negeri. Langkah ini menjungkirbalikkan larangan yang diberlakukan Presiden George Bush pada 1991.

2012
Sebuah kereta api keluar dari jalurnya dalam kecepatan yang sangat tinggi di Burlington, Ontario, Kanada. Kecelakaan kereta api itu menewaskan tiga penumpang dan melukai 45 orang. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif