Teknologi
Sabtu, 25 Februari 2017 - 15:00 WIB

The Dot Smartwatch, Jam Pintar Khusus untuk Kaum Tunanetra

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan jam pintar untuk tunanetra The Dot (mymodernmet.com)

The Dot Smartwatch menampilkan huruf-huruf Braille.

Solopos.com, SEOUL – Di era modern dengan kecepatan internet mumpuni seperti sekarang ini, gawai-gawai pintar sudah seperti barang primer. Selain ponsel pintar, jam pintar atau smartwatch juga kerap menjadi pilihan untuk menemani kegiatan sehari-hari.

Advertisement

Perusahaan pengembang alat-alat elektronik asal Korea Selatan, Dot, memproduksi smartwatch pertama di dunia yang dilengkapi dengan huruf Braille. Dilansir Boredpanda, Jumat (24/2/2017), smartwatch buatan Dot dilengkapi dengan empat baris huruf Braille yang bisa berubah secara otomatis.

Pengguna bisa menyesuaikan tempo perubahan tiap karakter. Jam pintar yang disebut dengan The Dot ini dihubungkan dengan ponsel pintar melalui sambungan bluetooth. The Dot bisa menerima pesan dari beberapa aplikasi seperti Whatsapp dan penunjuk jalan dari aplikasi seperti Google Maps.

The Dot mengaplikasikan sistem open Api, sehingga pengembang bisa membuat atau mengembangkan perangkat lunak untuk smartwatch The Dot.

Advertisement

Pendiri dan CEO Dot, Eric Kim, kali pertama mendapat inspirasi untuk membuat smartwatch ini saat melihat temannya yang tunanetra. Buku Braille yang dibawa temannya itu setiap waktu membuat dia berpikir kalau penyandang tunanetra selama ini belum benar-benar merasakan kemajuan teknologi.

“Kenyataannya, sekarang ini akses informasi masih sangat terbatas untuk kalangan tertentu dan tidak ada inovasi. Sebagian besar produk dibuat untuk kalangan mayoritas, komunitas tunanetra tidak mampu mendapat hasil maksimal dari kemajuan teknologi yang ada,” terang Eric seperti dikutip mymodernmet.com.

Mulai Maret 2017, The Dot akan mengirim 140.000 unit ke individu atau komunitas yang memberi sumbangan selama proses produksi. Musisi yang dikenal tunanetra sejak bayi, Stevie Wonder, disebut sebagai salah satu penyumbang dana.

Advertisement

Bagi Anda yang tak sempat menyumbang dan bersedia membeli The Dot, smartwatch itu akan dijual sebanyak 1.000 unit di sebuah toko di London, Inggris seharga US$320 atau setara dengan Rp4,2 juta.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif