News
Sabtu, 25 Februari 2017 - 09:00 WIB

Miris, Kekayaan 4 Orang Terkaya di Indonesia Setara 100 Juta Warga Miskin

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga miskin (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Kekayaan orang terkaya Indonesia ternyata setara dengan 100 juta warga miskin.

Solopos.com, SOLO – Ketimpangan kekayaan antara si miskin dan si kaya di Indonesia semakin jelas terlihat. Empat orang terkaya Indonesia ternyata memiliki kekayaan setara dengan 100 juta warga miskin.

Advertisement

Data tersebut diungkapkan oleh lembaga nirlaba yang fokus terhadap kemiskinan Oxfam, sebagaimana dilansir Okezone dari Guardian. Oxfam menyebut Indonesia adalah salah satu negara dengan ketimpangan si kaya dan si miskin paling parah di dunia.

Jumlah miliader Indonesia bertambah, dari 1 pada 2002 menjadi 20 orang di 2016. Empat orang terkaya Indonesia, Budi dan Michael Hartono yang berada di daftar paling atas, memiliki aset sebesar US$25 miliar atau Rp23,6 triliun. Jumlah ini setara dengan aset 40% orang termiskin dari total penduduk Indonesia yang sekitar 250 juta orang.

“Sejak 2000, Indonesia telah mengalami pertumbuhan ekonomi. Walau begitu, manfaat dari pertumbuhan ekonomi tersebut tidak merata. Jutaan penduduk tertinggal di belakang [tetap miskin], khususnya wanita,” kata Oxfam dalam laporannya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif