Jateng
Sabtu, 25 Februari 2017 - 20:50 WIB

JALAN RUSAK JATENG : Legislator Minta Pemprov Serius Pelihara Jalan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas jalan rusak di jalur pantura lingkar Pati, Jateng, Sabtu (12/2/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Jalan rusak yang disindir warga Jateng dengan istilah jeglongan sewu membuat kalangan legislatif kegerahan.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah meminta pemerintah provinsi setempat agar memprioritaskan pemeliharaan rutin pada ruas jalan provinsi agar kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah. “Saat ini banyak jalan yang kondisinya berlubang sehingga pemeliharaan rutin jalan provinsi perlu diprioritaskan,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Hadi Santoso di Semarang, Jumat (24/2/2017).

Advertisement

Menurut dia, dengan adanya pemeliharaan rutin oleh dinas terkait, maka kondisi infrastruktur jalan provinsi yang memiliki panjang sekitar 2.261.851 km itu bisa terjaga dan tak telanjur rusak. “Selain itu, pemeliharaan rutin bisa menjawab adanya istilah wisata jeglongan sewu yang telah memakan banyak korban,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera Jateng itu.

Hadi juga mengusulkan adanya pihak ketiga dalam pemeliharaan infrastruktur jalan provinsi sehingga ketika ada perbaikan jalan rusak berdasarkan laporan dari masyarakat Jateng. “Ini akan membantu, kondisi jalan bisa tetap baik, pemerintah tidak terbebani dan penanggung jawab ruas jalan juga jelas,” katanya.

Hal tersebut disampaikan Hadi usai menghadiri penandatanganan kontrak kerja pembangunan jalan dan jembatan tahun anggaran 2017 di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah. Alokasi anggaran Pemprov Jateng pada 2017 untuk Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Jateng mencapai Rp1.048.547.280.000 yang terbagi untuk belanja tidak langsung Rp118.587.461.000, dan belanja langsung Rp929.959.819.000.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif