News
Sabtu, 25 Februari 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 25 Februari

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Patung Kaisar Romawi, Hadrianus, di Museum Capitoline, Italia. (Wikimedia.org)

Berikut ini catatan peristiwa dunia hari ini, 25 Februari.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa bersejarah pada hari ke-56 dalam sistem kalender Gregorian, 25 Februari. Sebagaimana dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, beragam peristiwa tersebut terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini:

Advertisement

Patung Kaisar Romawi, Hadrianus, di Museum Capitoline, Italia. (Wikimedia.org)

Alexander Ypsilantis (Twitter.com)

Advertisement

Alexander Ypsilantis (Twitter.com)

138
Kaisar Romawi, Hadrianus, mengadopsi Antoninus sebagai anak angkatnya. Antonius lantas menjadi pewaris tahta Kekaisaran Romawi sepeninggal Hadrianus beberapa bulan kemudian. Antoninus memperoleh nama belakang Pius setelah ia dinobatkan sebagai kaisar Romawi.

1821
Petinggi militer Yunani, Alexander Ypsilantis, mengumumkan kemerdekaan Yunani dari cengkeraman Kesultanan Ottoman di Kota Lasi yang kini menjadi wilayah Rumania. Kala itu, Alexander Ypsilantis juga menyatakan telah mendapat dukungan dari Kekasiran Rusia jika pasukan Kesultanan Ottoman masih berusaha menguasai Yunani.

Advertisement

Adolf Hitler. (Snopes.com)

1932
Adolf Hitler memperoleh kewarganegaraan Jerman melalui naturalisasi yang memungkikan dirinya menjadi pemimpin Jerman. Hitler sebelumnya berkewarganegaraan Austria.

1933
Amerika Serikat (AS) secara resmi meluncurkan kapal induk yang dinamai USS Ranger. USS Ranger adalah kapal pengangkut pesawat tempur pertama yang dibuat AS.

Advertisement

1943
George Harrison lahir di Wavertree, Liverpool, Inggris. Ia lantas dikenal sebagai gitaris dari band legendaris asal Liverpool, The Beatles. George meninggal pada 2001 karena kanker tenggorokan dan kanker paru-paru.

1947
Setelah berhasil mengalahkan Jerman, Sekutu secara resmi menghapus pemerintahan Kerajaan Prusia yang berada di Jerman. Padahal, penghapusan pemerintahan di Kerajaan Prusia telah dilakukan Adolf Hitler pada 1933.

1948
Presiden Cekoslowakia, Eduard Benes, mengizinkan pendirian partai komunis di negaranya. Partai komunis itu lantas menjadi satu-satunya partai di Cekoslowakia. Meskipun Cekoslowakia bukan anggota Uni Soviet, perngaruh komunis Uni Soviet sangat kental di negara ini karena wilayahnya yang berbatasan langsung dengan negara-negara anggota Uni Soviet.

Advertisement

1968
Tentara Korea Selatan (Korsel) membunuh dan membakar hidup-hidup 135 warga sipil tak bersenjata di Desa Ha My, Provinsi Quang Nam, Vietnam pada masa Perang Vietnam-Korsel. Kekejaman tentara Korsel itu kini dikenang rakyat Vietnam dengan nama Pembantaian Ha My.

1994
Pemukim Israel di Hebron, Tepi Barat, bernama Baruch Goldstein, menembakkan senapan otomatis ke arah orang-orang Palestina yang sedang beribadah di Masjid Ibrahim. Penembakan itu menewaskan 29 orang dan melukai 125 orang lainnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif