Jogja
Sabtu, 25 Februari 2017 - 11:20 WIB

BANDARA KULONPROGO : Pembagian Petak Rumah Digelar Secara Transparan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penjabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono meninjau lahan relokasi warga terdampak bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Desa Janten, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Jumat (24/2/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Bandara Kulonprogo, pembangunan rumah diharapkan segera terealisasi

Harianjogja.com, KULONPROGO — Penjabat Bupati Kulonprogo meminta pengurukan lahan relokasi warga terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) selesai pada pertengahan Maret mendatang. Dengan demikian, warga terdampak dapat segera membangun rumah di lahan tersebut.

Advertisement

Baca Juga : BANDARA KULONPROGO : Pengurukan Lahan Relokasi Selesai Pertengahan Maret

Relokasi warga terdampak dilakukan dengan menggunakan lima tanah kas desa. Selain Janten dan Kebonrejo, sebagian lahan relokasi terletak di Palihan, Glagah, dan Jangkaran.

Penjabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono berpendapat, pembagian petak rumah di lahan relokasi nantinya mesti dilaksanakan secara transparan. Dia mencontohkan, nomor petak rumah dan daftar warga yang akan menempatinya harus jelas. Hal itu demi mengantisipasi adanya perebutan lokasi pembangunan rumah.

Advertisement

Sementara itu, surat pengosongan lahan pembangunan bandara mulai dilayangkan pekan ini. Surat tersebut ditujukan kepada warga terdampak yang tidak mengambil jatah relokasi di bawah koordinasi Pemkab Kulonprogo.

“Sudah kami kirimkan surat pengosongan lahan kepada warga yang tidak ambil relokasi,” ungkap Project Manager Kantor Proyek Pembangunan Bandara NYIA PT Angkasa Pura I, Sujiastono.

Sujiastono mengatakan, PT Angkasa Pura I sebelumnya sudah memberikan menyatakan jika pengosongan lahan dilakukan paska Pilkada 2017. BUMN tersebut selanjutnya merobohkan rumah yang telah dikosongkan, memindahkan pohon-pohon besar, dan melaksanakan survei topografi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif