Soloraya
Sabtu, 25 Februari 2017 - 21:30 WIB

ANGIN KENCANG KLATEN : Pepohonan di Cawas Tumbang

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Camat Cawas, M. Nasir (dua dari kanan) memantau rumah warga di Cawas, Sabtu (25/2/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Angin kencang di Klaten membuat pepohonan di Cawas bertumbangan.

Solopos.com, KLATEN –Puting beliung melanda Desa Cawas Kecamatan Cawas, Sabtu (25/2/2017) sore. Tak ada korban jiwa dalam bencana alam itu, namun kerugian material ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Advertisement

Camat Cawas, M. Nasir (dua dari kanan) memantau rumah warga di Cawas, Sabtu (25/2/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, hujan lebat terjadi di kawasan Cawas mulai pukul 16.00 WIB. Hujan deras tersebut sempat disertai angin kencang. Arah angin berasal dari utara ke selatan.

Selama satu menit, puting beliung yang melanda kawasan Cawas menumbangkan lima pohon berukuran besar yang tersebar di Dukuh Pondok Pakisan, Dukuh Sanggrahan, dan Dukuh Gabus.

Advertisement

Pohon yang tumbang itu sempat menimpa beberapa rumah warga di Desa Cawas Kecamatan Cawas, di antaranya milik Slamet Raharjo,40; Suwardi, 35; Atmo Suwito, 80; Gamto, 60; dan Sugiyo, 50.

“Jenis pohon yang tumbang, munggur, jati, dan mangga. Tinggi pohon rata-rata 10-an meter. Selain merusak rumah, puting beliung itu juga merusak satu unit mobil yang diparkir di garasi di rumah Pak Sugiyo, 50, warga Gabus Desa Cawas. Yang jelas tidak ada korban jiwa di sini. Hingga petang ini [kemarin], kecamatan, TNI/Polri, relawan, dan elemen masyarakat lainnya masih gotong royong,” kata Camat Cawas, M. Nasir, kepada Solopos.com, Sabtu.

Hal senada dijelaskan Kapolsek Cawas, AKP Joko Hariyanto, mewakili Kapolres Klaten, AKBP M. Darwis. Anggota polisi turut terlibat gotong royong dengan elemen masyarakat lainnya di Cawas.

Advertisement

“Tak berselang lama setelah angin ribut itu datang [puting beliung], hujan di Cawas segera reda. Makanya, gotong royong langsung dilakukan,” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Espos, pohon tumbang juga terjadi di Kecamatan Tulung, Sabtu sore. Di lokasi ini, warga langsung bahu-membahu memotong pohon yang tumbang agar tak mengganggu akses Jl. Paten-Cokro.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif