News
Jumat, 24 Februari 2017 - 23:40 WIB

Pasukan Irak Rebut Bandara Mosul dari Tangan ISIS

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasukan militer Irak (Theguardian.com)

Pasukan militer Irak berhasil merebut bandara Mosul dari tangan ISIS.

Solopos.com, MOSUL – Pasukan militer Irak kembali menggelar operasi untuk merebut bandara Modul yang dikuasai kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Kamis (23/2/2017). Dalam operasi yang berlangsung selama empat jam itu, pasukan ISIS yang tersudut terus menembakkan mortir ke arah pasukan Irak untuk mempertahankan diri.

Advertisement

Sayangnya, segala upaya yang dilakukan kelompok ISIS tidak membuahkan hasil, pasukan militer Irak jauh lebih kuat dari mereka. Operasi militer tersebut diawali dengan serangan udara pada Kamis, malam. Serangan itu disusul dengan serangan sejumlah pasukan angkatan darat yang memakai kendaraan lapis baja.

“Bandara merupakan tempat penting yang harus segera direbut dari tangan ISIS. Kami sangat senang bisa mengusir ISIS dalam sekali bertempur. Awalnya kami pikir pertempuran ini akan memakan waktu yang cukup lama,” tutur Sabah Al Numan, salah seorang pasukan militer Irak, seperti dikabarkan The Guardian, Jumat (24/2/2017).

Menurut Koloner Abdel Amir Mohammed, Komandan Kepolisian Federal Irak, saat ini wilayah bandara Mosul sepenuhnya telah dikuasai Irak. Ia menambahkan, pasukan ISIS telah menghancurkan hampir separuh wilayah bandara. Kendati demikian, pihaknya merasa senang karena telah berhasil mengusir kelompok ISIS yang telah menguasai bandara Mosul sejak 2014.

Advertisement

Bukan hanya berhasil merebut bandara Mosul, pasukan militer Irak juga telah mengusir kelompok militan ISIS dari wilayah barat Mosul. Setelah mengambil alih bandara, pasukan Irak bergerak cepat merebut dua desa, yakni Yarmouk dan Tal Al Rayan. Mereka bahkan berhasil mengambil alih gudang penyimpanan senjata milik ISIS.

Keberhasilan pasukan militer Irak itu mendapat pujian dari perwakilan Amerika Serikat untuk koalisi anti-ISIS, Brett McGurk. Ia mengapresiasi kinerja pasukan Irak melalui sebuah cuitan di akun Twitter @brett_mcgurk.

“Selamat untuk pasukan Irak yang telah menyelesaikan operasi pengamanan bandara Mosul dari teroris ISIS,” tulis McGurk seperti dikutip CNN.

Advertisement

Keberhasilan pasukan Irak membawa angin segar bagi penduduk Kota Mosul. Mereka bisa sedikit bernapas lega dengan terusirnya kelompok militan ISIS dari tanah mereka. 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif