News
Jumat, 24 Februari 2017 - 15:30 WIB

HEBOH PERNIKAHAN GAIB : Beredar Undangan Pernikahan Panglima Burung dan Titisan Nyi Roro Kidul

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Undangan pernikahan ini sedang heboh dibahas. (Istimewa/Instagram)

Pernikahan gaib ini terlebih dahulu heboh dibahas di media sosial.

Solopos.com, SOLO — Publik dunia maya (netizen) dihebohkan dengan beredarnya undangan pernikahan Panglima Burung dan Sri Baruno Jagat Prameswari yang disebut sebagai titisan Nyi Roro Kidul. Kabarnya dua tokoh yang identik dengan dunia gaib itu akan menikah Selasa, 28 Februari 2017, pukul 08.00 WIB.

Advertisement

Bahkan undangan itu juga memuat tempat pernikahan yang rencanana digelar di rumah Damang Kepala Adat Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah, Isay Judae.

Dalam kepercayaan masyarakat Dayak, Panglima Burung adalah sosok gaib yang kemunculannya hanya terjadi saat momen tertentu. Sementara Sri Baruno Jagat Prameswari adalah anak dari keturunan Ratu Pantai Selatan yang berwujud manusia. Ia dipercaya berasal dari Bali dan saat ini sedang berada di Jakarta.

Melalui pesan berantai yang tersebar melalui Whats App, ada sekitar 100 undangan yang dicetak oleh cucu dari Damang, Isay Judae. Diantaranya yaitu Presiden RI Joko Widodo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan beberapa pejabat penting lainnya.

Advertisement

Pernikahan tersebut pun dibenarkan oleh Kapolres Katingan AKBP Tato Pamungkas yang juga menerima undangannya. “Sebelumnya Damang Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah Isay Judae didatangi oleh seorang perempuan bernama Retno, yang mengaku sebagai utusan Sri Baruno Prameswari, titisan Nyi Roro Kidul, dan meminta dipersiapkan ritual adat Dayak untuk pernikahan tersebut,” kata Tato, seperti dilansir Okezone, Kamis (23/2/2017).

Untuk itu, sejumlah persiapan pengamanan untuk kelancaran acara pun telah dilakukan. “Jumlah personel berapa masih kita rapatkan. Yang jelas akan kita jaga selama prosesi pernikahan berlangsung,” ungkap Tato.

Kabarnya, Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah, Isay Judae juga membenarkan kabar ini. Dia bahkan menceritakan bahwa Sri Baruno Prameswari adalah anak dari keturunan Ratu Kanjeng Kidul Pantai Selatan.

Advertisement

Calon mempelai Panglima Burung ini berwujud manusia yang berasal dari Bali dan saat ini posisinya berada di Jakarta. Calon mempelai akan tiba pada 27 Februari ke Desa Telok Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan.

Sedangkan Panglima Burung menurutnya sosoknya gaib, tidak terlihat oleh kasat mata.

“Hari ini saya akan menyampaikan surat undangan resmi rencana pernikahan titisan Nyi Roro Kidul, Sri Baruno Jagad Parameswari dengan Panglima Burung itu, pertama untuk gubernur, wakil gubernur, walikota, bupati dan wakil Katingan dan Ketua DPRD Katingan,” tutur Hembit kepada Abdul Gofur, seperti dilaporkan laman Borneonews.co.id, Rabu (22/2/2017).

Menurut laporan Borneonews.co.id, dalam undangan yang dicetak sederhana itu, turut mengundang Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah, Mantir Adat Desa Telok, Kepala Desa Telok, Keluarga Besar Desa Telok. Lainnya, Keluarga Besar Mbah Gini Karyo Redjo, Dusun Ngentak Kaki Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah. Lalu, Keluarga Besar Ida Pandita Mpu Ketek Dwipayogi, Griya Pena Sangkya Muni Tajun, Singaraja, Bali.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif