Jogja
Jumat, 24 Februari 2017 - 00:23 WIB

BANDARA KULONPROGO : 100 Rumah Bantuan Relokasi Magersari

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembangunan fisik yang dilakukan di lokasi Bandara Kulonprogo baru sebatas pemagaran yang telah dilakukan sejak 2 pekan lalu, Jangkaran, Temon pada Senin (30/1/2017). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Bandara Kulonprogo lahan relokasi dipersiapkan

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Daerah (Pemda) DIY memperoleh bantuan 100 unit rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang disediakan bagi relokasi warga yang bermukim di tanah Magersari terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo. Adapun nilai anggaran setiap unit rumah berukuran tipe 36 itu sekitar Rp79 juta per unitnya. Meski demikian, baru 46 kepala keluarga (KK) yang mendaftar untuk mendapatkan rumah tersebut.

Advertisement

Relokasi magersari disediakan bagi warga terdampak pembangunan NYIA di Kulonprogo yang sebelumnya menempati rumah di lahan milik Pura Pakualaman (PAG).

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUP-ESDM DIY Muhammad Mansur menjelaskan, khusus untuk relokasi terdampak bandara yang sebelumnya menempati lahan milik Pura Pakualaman akan mendapatkan bantuan rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Relokasi ini berbeda dengan relokasi yang akan menempati tanah kas desa.

“Kalau yang relokasi di tanah kas desa itu yang membangun masyarakat sendiri didampingi oleh Pemda DIY sebagai fasilitator. Itu rumahnya bermacam,” terangnya kepada Harianjogja.com, Kamis (23/2/2017).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif