Jogja
Senin, 20 Februari 2017 - 19:55 WIB

INFRASTRUKTUR SLEMAN : Perbaikan Jalan Rusak Dianggarkan Rp6 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan (JIBI/Solopos/Dok.)

Infrastruktur Sleman berupa jalan mendapat anggaran Rp6 miliar

Harianjogja.com, SLEMAN- Kerusakan jalan-jalan kabupaten dilakukan secara bertahap. Pemkab mengalokasikan dana pemeliharaan jalan-jalan di Sleman sebesar Rp6 miliar.

Advertisement

Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPU KP) Sleman Jenu Santoso menjelaskan, pihaknya sudah memiliki data kerusakan jalan-jalan kabupaten yang akan diperbaiki tahun ini. Pihaknya menerjunkan minimal enam tim untuk mengerjakan perbaikan dan pemeliharaan jalan yang rusak.

“Kami langsung melakukan tindakan untuk pemeliharaan jalan yang rusak,” katanya kepada Harianjogja.com, Minggu (19/2/2017).

Diajelaskan mantan Kabid Ciptakarya DPUP-KP Sleman itu, pemeliharaan dan perbaikan jalan yang rusak tetap didasarkan pada skala prioritas. Misalnya, perbaikan jalan rusak dilihat dari aktivitas dan kepadataan kendaraan yang melalui jalan tersebut.

Advertisement

“Masing-masing penananganan kerusakan kami lakukan secara bertahap dan berdasarkan prioritas. Kami berharap warga bisa memahaminya,” harap Jenu.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com data kerusakan akibat hujan terjadi di banyak lokasi. Kerusakan jalan banyak disebabkan faktor usia, kendaraan kelebihan tonase, dan faktor lainnya seperti musim hujan. “Sebagian jalan yang rusak sudah diperbaiki. Kami berharap partisipasi warga untuk melaporkan jika menemukan jalan rusak,” ujarnya.

Sejumlah ruas jalan rusak dan berlubang yang sudah diperbaiki (ditambal) seperti dilakukan di wilayah Widodomartani, Ngemplak, dan Purwomartani, Kalasan. Meski begitu, beberapa jalan yang rusak seperti di barat Dusun Dalangan Caturhajo, Sleman. Akibat adanya gorong-gorong yang terkikis dan berlubang. Kondisi tersebut menyebabkan jalan aspal di sekitar lokasi rusak.

Advertisement

“Kalau jalan kabupaten, yang rusak di Cangkringan cukup banyak. Seperti jalur Tangkisan-Kopeng Kepuharjo,” kata Kepala Desa Kepuharjo Heri Saptono.

Menurutnya, jalan tersebut rusak sepanjang empat kilometer. Sejak dibangun terakhir 2006 belum ada perbaikan. Termasuk jalan ke SMP2 Cangkringan juga belum dibenahi,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif