Jogja
Minggu, 19 Februari 2017 - 00:19 WIB

PILKADA KULONPROGO : Kinerja KPPS Perlu Dievaluasi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang petugas dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wates mengecek ulang hasil rekapitulasi suara yang dilakukan di pendapa kantor Kecamatan Wates, Jumat (17/2/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Pilkada Kulonprogo telah selesai rekapitulasi suara di tingkat kecamatan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan berjalan relatif lancar. Meski begitu, ada beberapa catatan yang menjadi bahan evaluasi kinerja Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Advertisement

Rekapitulasi suara tingkat kecamatan telah dilakukan 11 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kulonprogo, Kamis (16/2/2017). PPK Wates selanjutnya menjadi tim terakhir yang memulai rekapitulasi pada Jumat (17/2/2017) pagi.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulonprogo, Panggih Widodo mengatakan, rekapitulasi suara tingkat kecamatan terpantau berlangsung lancar. Beberapa PPK membagi timnya menjadi dua kelompok untuk mempercepat proses tahapan. Dia menyontohkan Pengasih yang memiliki tujuh desa.

Kelompok pertama bertugas mengerjakan rekapitulasi suara untuk empat desa, sedangkan kelompok kedua mendapatkan tiga desa. “Harapannya bisa mempersingkat waktu,” ungkap Panggih, Jumat.

Advertisement

Meski begitu, Panggih tidak ingin mengklaim rekapitulasi suara berjalan tanpa masalah sedikitpun Dia mengungkapkan ada beberapa kendala teknis yang sempat menghambat rekapitulasi. Kesalahan itu umumnya berasal dari kinerja KPPS.

Bentuknya antara lain berupa kesalahan saat menghitung jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menggunakan hak pilih, tidak menyilang kolom kosong pada formulir C1, hingga adanya angka yang sulit dibaca. “Tapi itu sudah bisa dibetulkan melalui forum rekapitulasi suara sehingga tidak berkepanjangan,” ujar Panggih.

Panggih lalu mengungkapkan, berbagai materi seputar pemungutan dan penghitungan suara sebenarnya sudah disampaikan secara detail melalui bimbingan teknis (bimtek) KPPS.

Advertisement

Namun, tingkat pemahaman antarpeserta bisa jadi memang berbeda sehingga masih terjadi beberapa kesalahan teknis. Menurutnya, hal itu dijadikan bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas KPPS pada pemilu berikutnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kulonprogo, Isnaini mengatakan, tahapan rekapitulasi suara tingkat kecamatan dijadwalkan pada 16-22 Januari 2016. Selanjutnya, KPU Kulonprogo bersiap melakukan rekapitulasi suara tingkat kabupaten pada Rabu (22/2/2017) pekan depan. Hasil Pilkada 2017 ditargetkan dapat ditetapkan pada hari itu juga.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif