Soloraya
Sabtu, 18 Februari 2017 - 23:40 WIB

Ribuan Penggemar Sepeda Tua Berkumpul di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua pemilik sepeda onthel tua sedang memarkir sepeda di dekat patung memanah kompleks Stadion Manahan, Solo, saat event nasional Guyub Rukun Onthelis Nusantara, Sabtu (18/2/2017). (Arif Fajar S./JIBI/Solopos)

Ribuan penggemar sepeda tua berkumpul di Solo selama dua hari.

Solopos.com, SOLO — Kompleks Stadion Manahan, Solo, Sabtu (18/2/2017), dipenuhi ribuan pemilik dan penggemar sepeda onthel tua (lawas) yang mengikuti kegiatan Guyub Rukun Onthelis Nusantara dengan tema Solo Ngangeni, Berseri Tanpa Polusi.

Advertisement

Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) dan HUT ke-272 Kota Solo itu akan berlangsung hingga Minggu (19/2/2017). “Yang hadir sekitar 3.000 onthelis dari berbagai komunitas sepeda di Indonesia. Konsepnya untuk mengenalkan budaya Solo, termasuk di dalamnya ada kuliner, UMKM, dan klithikan,” jelas Ketua Panitia kegiatan tersebut, Mulyanto, kepada Solopos.com, Sabtu.

Menurut seksi acara kegiatan tersebut, Didik Santoso, mereka yang hadir ada dari Palembang, Kalimantan, Cirebon, dan kota lain di Jawa Barat, juga dari negara tetangga, seperti Singapura, Australia, dan Malaysia.
Kegiatan ini sudah kali ketiga dan kebetulan dilaksanakan hampir bersamaan dengan HUT Kota Solo.

Karena itu dipilih Kota Solo dengan menghadirkan nuansa tradisional. Ini terlihat dari tempat penjual aksesori sepeda onthel lawas yang dibuat seperti kios zaman perjuangan dulu. “Ini merupakan event awal tahun dan merupakan program Kosti pusat, ini dalam rangka HUT ke-9 Kosti dan juga HUT ke-272 Kota Solo,” ujar Didik.

Advertisement

Didik berharap dengan banyaknya peserta yang bakal menggelar kegiatan keliling kota dengan bersepeda onthel lawas serta mengenakan baju unik bisa menarik perhatian masyarakat. “Kemudian masyarakat tertarik untuk bersepeda sehingga diharapkan bisa mengurangi polusi di Solo,” jelas dia.

Kosti merupakan wadah para penghobi dan pemilik onthel dari seluruh Nusantara. Kosti terbentuk pada 9 Februari 2008 di Bogor dan saat ini mewadahi ratusan komunitas sepeda tua di berbagai provinsi di Indonesia.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif