Soloraya
Sabtu, 18 Februari 2017 - 13:40 WIB

PASAR KLEWER : Peresmian Ditunda, HPPK Berharap Kunci Kios Tetap Diserahkan Maret

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan (kanan) disambut Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo saat mengunjungi proyek pembangunan Pasar Klewer, Solo, Kamis (19/1/2017). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Pasar Klewer, meski peresmian diundur, HPPK berharap kunci kios dilakukan pada Maret.

Solopos.com, SOLO — Pedagang tidak mempermasalahkan rencana penundaan peresmian Pasar Klewer dari semula Maret menjadi April. Pedagang berharap setelah ditempati, bangunan pasar sudah benar-benar siap dan tidak ada persoalan.

Advertisement

Namun demikian, pedagang berharap penyerahan kunci kios kepada pedagang tetap dilakukan pada Maret. Pejabat Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Kusbani, mengatakan para pedagang yang tergabung dalam HPPK mendukung rencana penundaan peresmian tersebut.

“Lebih baik ditunda sebentar tapi semua beres, daripada diresmikan Maret tapi masih ada persoalan,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (17/2/2017).

HPPK berharap pada awal Maret kunci kios diserahkan kepada pedagang agar bisa melakukan persiapan. Dengan begitu setelah diresmikan, semua sudah siap berjualan di kios baru.

Advertisement

Dia mengatakan penataan kios perlu dilakukan secepatnya sebab para pedagang harus menyiapkan dagangan untuk menghadapi Ramadan. Ramadan merupakan waktu yang baik untuk penjualan barang di Pasar Klewer. Jumlah pengunjung dan pembelian barang biasanya meningkat tajam pada bulan itu.

Pejabat Humas Paguyuban Pedagang Pelataran Pasar Klewer (P4K), Fatimah, juga tidak mempersoalkan rencana penundaan peresmian tersebut. “Kalau belum siap ya mau bagaimana lagi. Tidak masalah, yang penting saat ditempati nanti bangunan pasar sudah siap,” kata dia belum lama ini.

Saat ini sebagian besar pedagang telah melengkapi berkas persyaratan pemindahan pedagang dari pasar darurat ke bangunan pasar yang baru. Persyaratan tersebut di antaranya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Hak Penempatan (SHP) atau Kartu Tanda Pengenal Pedagang (KTPP), dan sebagainya.

Advertisement

Menurut rencana awal, Pasar Klewer akan diresmikan pada Maret. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan peresmian pasar akan diundur pada April.
Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy), mengatakan peresmian pasar masih menunggu pembangunan jalan lingkungan di sekitar pasar selesai. Selain masalah jalan, genangan air yang terdapat di lantai basement Pasar Klewer juga masih menjadi perhatian pemkot. Menurut Rudy, persoalan tersebut harus diselesaikan sebelum pasar ditempati pedagang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif