News
Sabtu, 18 Februari 2017 - 19:00 WIB

KISAH UNIK : Menakjubkan, Wanita Berusia 64 Tahun Ini Lahirkan Bayi Kembar

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi kembar (www.newhealthadvisor.com)

Kisah unik kali ini tentang seorang wanita berusia 64 tahun di Spanyol yang melahirkan bayi kembar.

Solopos.com, BURGOS — Seorang wanita berusia 64 tahun di Burgos, Spanyol, melahirkan bayi kembar berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Ibu dan kedua bayinya dalam keadaan sehat.

Advertisement

Ibu yang tak disebutkan identitasnya itu melahirkan dengan operasi sesar di Rumah Sakit Ricoletas di Burgos, Spanyol. Seperti dilansir CNN, Jumat (17/2/2017), bayi kembar itu berbobot masing-masing 2,4 kilogram dan 2,2 kilogram. Ibu dari bayi kembar itu telah menjalani  program bayi tabung di Amerika Serikat (AS) sebelum ia memutuskan untuk kembali ke Spanyol.

Riset membuktikan kesuburan wanita yang berusia lebih dari 50 tahun merupakan hal langka. Hal itu dibuktikan dengan data yang dihimpun oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (PDF) pada tahun 2012, hanya ada sekitar 600 bayi yang lahir dari ibu yang berusia 50 sampai 54 tahun.

Para ahli pun mengatakan melakoni program kehamilan dalam usia tua berisiko untuk bayi maupun ibunya.

Advertisement

“Banyak yang dapat dipetik dari cerita ini. Banyak wanita berusia 50 sampai 55 yang berani mengambil risiko ini. Tidak akan hamil, keguguran, atau bahkan [bayi] lahir dalam keadaan cacat. Mereka harus siap untuk itu,” tutur Dr. Mark Sauer, wakil ketua Departemen Obstetri dan Ginekologi Universitas Columbia.

Menurut laporan media lokal di Spanyol yang dikutip BBC, sekitar enam tahun lalu ibu dari bayi kembar itu pernah melahirkan seorang anak perempuan di rumah sakit yang sama. Namun kakak dari bayi kembar itu dirawat di panti sosial karena masalah kesejahteraan.

Harian berbahasa Spanyol El Pais melaporkan dalam beberapa tahun terakhir ada dua wanita Spanyol lainnya yang melahirkan pada usia lebih dari 60 tahun dan bayi mereka sehat. (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif