Jateng
Kamis, 16 Februari 2017 - 05:50 WIB

PILKADA 2017 : KPU Imbau Masyarakat Sabar Tunggu Hasil Hitung Suara Resmi

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penghitungan suara (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada 2017 telah melintasi puncak tahapan, yakni pemungutan suara, Rabu (15/2/2017), namun KPU mengmbau masyarakat sabar menunggu penghitungan resmi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Quick count alias penghitungan cepat hasil pemungutan suara telah digelar disejumlah daerah penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) mengimbau masyarakat sabar menunggu hasil penghitungan resmi yang dilakukan lembaga penyelenggara pemilu itu.

Advertisement

“Kami tidak mempermasalahkan adanya hitung cepat yang dilakukan sejumlah pihak dan hasilnya itu bisa dijadikan pedoman sementara, tapi hasil resminya tetap menunggu tahapan dan proses rekapitulasi secara manual yang kami lakukan di masing-masing tingkatan,” kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo di Semarang, Rabu (15/2/2017).

Ia berjanji proses rekapitulasi hasil penghitungan suara pilkada dilakukan secara terbuka dan hasilnya disahkan pada setiap tingkatan. Sesuai jadwal, proses rekapitulasi hasil penghitungan suara itu akan dilakukan KPU mulai Jumat (17/2/2017) dan hasilnya akan dikirimkan ke kabupaten atau kota pada Rabu (23/2/2017).

Joko mengklaim tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada 2017 di tujuh kabupaten dan kota di Jateng, Rabu, secara umum berjalan dengan lancar. “Penghitungan suara sudah dilakukan di masing-masing TPS dan saat ini proses pengiriman dokumen-dokumen proses pemungutan serta penghitungan suara ke PPS dan PPK untuk pengamanan,” ujarnya.

Advertisement

Namun diakuinya, pengiriman dokumen-dokumen pemungutan dan penghitungan suara di sejumlah daerah itu menghadapi kendala cuaca. “Pengiriman di Kabupaten Brebes terkendala hujan deras, sedangkan di Pati harus melewati genangan banjir. Jadi kami harus hati-hati guna menghindari kerusakan,” katanya.

Tujuh daerah di Jawa Tengah yang menggelar pilkada serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes. Hasil pemungutan suara itu, sebagian telah direkapitulasi oleh pelaksana quick count dam telah pula diketahui hasilnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif