News
Rabu, 15 Februari 2017 - 11:15 WIB

PILKADA SERENTAK 2017 : Jokowi Berharap Pilkada Tak Memecah Belah Rakyat Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menuju lokasi TPS 4 Gambir untuk menggunakan hak pilih dalam Pilkada DKI Jakarta, Rabu (15/2/2017). (Arys Aditya/JIBI/Bisnis)

Pilkada serentak 2017 puncaknya yakni pemungutan suara dilaksanakan hari ini.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang digelar Rabu (15/2/2017), berjalan aman dan damai.

Advertisement

“Jangan sampai perbedaan pilihan politik memecah kita. Setelah pilkada selesai, kita kembali sebagai saudara menjaga persatuan dan kesatuan,” kata Jokowi seusai menyalurkan hak suara dalam Pilkada DKI Jakarta di TPS 4 Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat, seperti disiarkan langsung oleh KompasTV.

Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di TPS itu pada pukul 10.00 WIB. Presiden mengenakan batik lengan panjang cokelat sedangkan Iriana memakai atasan emas dipadupadankan dengan kain hitam. Keduanya hadir bersama dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam daftar pemilih tetap (DPT), Joko Widodo mendapat nomor 269, sedangkan Ibu Negara Iriana di nomor 270. Di DPT tertera alamat rumah presiden, yakni di Jalan Taman Suropati Nomor 7, RT 005 RW 002. Total pemilih tetap di DPT TPS IV Gambir sebanyak 493.

Advertisement

“Saya dan istri sebagai warga DKI Jakarta telah menggunakan hak pilih untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Kita berharap Pilkada tidak hanya di DKI tapi di seluruh Indonesia berjalan dengan penuh kegembiraan,” kata Presiden dilansir Antara.

Dalam kesempatan itu, Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 4 Kelurahan Gambir mengenakan pakaian batik lurik dan blangkon.

Tim Pemantau KPPS Ponco Margono mengatakan kode busana atau dress code untuk para petugas KPPS pada intinya bebas.  “Dress code ini kebetulan dan bukan karena Presiden nyoblos di TPS. Ini bebas, bhineka tunggal ika, tidak berkaitan dengan TPS Jokowi,” katanya.

Advertisement

Di TPS IV Gambir tercatat ada sebanyak 493 pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT). Dari jumlah itu, sebanyak 251 pemilih berjenis kelamin laki-laki dan 242 perempuan.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif